26.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Harga Kacang Kedelai Melejit, Pengusaha Tempe Menjerit 

Cileungsi | Jurnal Bogor 

Melambungnya harga kacang kedelai membuat para pedagang tempe industri rumahan di Kampung Bojongkaso, Desa Cileungsi Kidul, Cileungsi, Kabupaten Bogor, banyak yang gulung tikar. 

Harga kacang kedelai yang mencapai 40 sampai 45 ribu/kg, membuat para pedagang harus memutar otak agar pelanggan mereka tidak lari.

Salah satu pemilik industri tempe rumahan Roso mengatakan, harga kacang kedelai di pasaran sudah Rp 1,45 juta dalam 1 kwintal, dan 1 kilogramnya Rp14,5 ribu, jadi para pedagang tempe rumahan harus berpikir. 

“Sebagai pengrajin tempe rumahan seperti saya ini, dengan adanya kenaikan harga kacang kedelai, luar biasa dampaknya. Untuk menaikan harga sangat tidak mungkin, konsumen bisa teriak,” ucap Roso kepada Jurnal Bogor.

Menurutnya, dari pada menaikan harga, para pedagang tempe rumahan ini menyiasatinya dengan mengurangi ukuran tempe, tidak seperti biasanya. 

” Ya, akhirnya untuk mensiasati, kami para pedagang tempe mengurangi ukurannya, seperti contoh tempe harga 5 ribu yang awalnya 5 ons kita kurangin jadi 4 ons, dan seterusnya, masing-masing harga tempe,” paparnya.

Selain itu, sambung dia, dampak dari kenaikan harga bahan baku tempe, banyak pengusaha tempe rumahan yang mengurangi para pekerjanya, serta banyak juga yang gulung tikar, dan pulang kampung. 

“Seperti saya sekarang ini, mengerjakan produksi tempe sendiri, karena 4 pekerja saya rumahkan semua, tidak sanggup untuk membayar gaji, sebagian juga pengusaha tempe rumahan banyak yang pulang kampung, karena dampak dari kenaikan bahan baku tempe,” bebernya.

Dirinya berharap agar pemerintah bisa menurunkan harga kacang kedelai, supaya para industri tempe rumahan bisa bisa mengerjakan kembali karyawannya. 

“Saya meminta kepada pemerintah, agar segera menurunkan harga kacang kedelai, yang masih tinggi, sehingga para pedagang tempe tidak khawatir lagi, dan bisa kembali normal,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles