SMP dan SMK Panca Bakti Bekali Siswa dengan Pengetahuan Pengurusan Jenazah

0

Leuwisadeng | Jurnal Bogor 

Siswa dan siswi di SMP dan SMK Panca Bakti di Kampung Paku, Desa Sadeng, Leuwisadeng, Kabupaten Bogor dibekali keterampilan tata cara pengurusan jenazah dengan baik.

Menurut Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMK Panca Bakti, Nurmilah, kegiatan praktik ini memberikan keterampilan peserta didik dalam merawat jenazah.

“Ini termasuk praktik ujian untuk nanti persiapan. Jadi, itu nanti diambil penilaian PAI. Jadi, buat ujian nanti dinilai untuk nilai ijazah,” ungkap Nurmilah kepada wartawan, Senin (28/11).

Adapun tujuannya kegiatan itu, Nurmilah mengatakan, agar para peserta didik dapat mengetahui dan memahami bagaimana tata cara pengurusan jenazah dengan baik.

Praktik merawat jenazah ini tidak hanya sebatas formalitas, namun sangat besar manfaatnya salah satunya memberikan keterampilan bagi peserta didik dalam pengurusan jenazah saat terjun di masyarakat.

“Sebagaimana kita sebagai umat Islam. Jadi, bagaimana cara mengurus jenazah dengan baik,” katanya.

Nurmilah menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut diikuti para siswa dan siswi baik itu SMP maupun SMK Panca Bakti.

“Diikuti siswa di kelas 12 untuk SMK dan kelas 9 untuk SMP jadi yang mau lulus saja yang mengikuti kegiatan ini, untuk SMP tadi pagi selesai dan sore harinya SMK,” katanya.

Jadi, Nurmilah menyampaikan, bahwa siswa yang mengikuti kegiatan itu dikelompokan menjadi 5 kelompok untuk SMK dan masing masing kelompok terdiri dari 5 orang peserta didik.

Dia berharap dari kegiatan tersebut maupun kegiatan-kegiatan keagamaan yang rutin dilakukan di sekolah tersebut dapat mencetak murid yang berakhlak baik.

“Selain itu, di sekolah kami kegiatan lainnya juga rutin dilakukan seperti peringatan Maulid Nabi, Isra Mi’raj. Bahkan sebelum masuk sekolah juga kami menggelar Sholat Duha rutin setiap hari, harapannya agar supaya siswa itu menjadi berakhlakul karimah, akhlak yang baik jadi mencontoh teladan Nabi Besar Muhammad SAW,” katanya.

Selain itu, Nurmilah mengatakan, para siswa di sekolah tersebut juga sebagian besar merupakan santriawan dan santriawati di Pondok Pesantren Ashabul Aziziah yang terletak di Kampung Kosol RT 07 RW 04, Desa Sadeng, Leuwisadeng.

“Di sekolah ini, selain siswa bersekolah disini juga mereka pada mondok di Pondok Pesantren Ashabul Aziziah,” tukasnya.

** Andres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here