34.2 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Warga Pertanyakan HGU Taman Buah Mekarsari

Cileungsi | Jurnal Bogor 

Warga Desa Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor mempertanyakan masa berlaku lahan HGU milik Taman Buah Mekarsari. Pasalnya, warga menilai keberadaan lokasi wisata taman buah tersebut saat ini sudah tidak seperti dahulu. 

Mahfudin, salah satu warga Mekarsari mengatakan, kondisi Taman Buah Mekarsari kini semakin tidak terawat dan terbengkalai, sehingga sudah tidak ideal lagi untuk dijadikan sebagai lokasi wisata.

“Semenjak covid, Taman Buah Mekarsari memang sudah bisa dikatakan vacum dan tidak beroperasi. Bahkan sampai sekarang juga belum beroperasi lagi, mungkin karena biaya operasional yang terlalu besar dan tidak tertutupi dari pendapatan,” ucapnya kepada Jurnal Bogor, Rabu (16/11).

Menurut dia, dengan situasi yang sudah tidak beroperasi maka lahan yang ada dapat dikatakan mubazir karena terbengkalai dan tidak dikelola dengan baik. Oleh karena itu, ia mempertanyakan masih berapa lama pemanfaatan HGU yang dimiliki oleh pengelola Taman Buah Mekarsari.

“Warga akan mempertanyakan kepada pihak Yayasan Purbakti terkait HGU yang mereka punya. Apakah masih berlaku atau memang sudah habis. Karena untuk memperpanjang HGU tentunya dibutuhkan persetujuan masyarakat,” tukasnya.

Mahfudin mengatakan, jika lahan HGU tersebut sudah habis masa berlakunya, tokoh masyarakat Desa Mekarsari sepakat tidak akan memberikan persetujuan terkait perpanjangan HGU tersebut. Karena akan lebih baik jika lahan tersebut diserahkan kepada warga untuk dikelola dan dimanfaatkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Di beberapa titik wilayah Cileungsi hal itu sudah dilakukan, dimana warga meminta kepada Pemerintah untuk memanfaatkan lahan dan itu bisa diberikan oleh Pemerintah,” pungkasnya.

** Taufik / Nay 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles