26.6 C
Bogor
Sunday, May 12, 2024

Buy now

spot_img

Bangun TPT dan Betonisasi Jalan, Ketakutan Warga Turki Didengar Pemdes Cibedug

Ciawi | Jurnal Bogor

Warga Kampung Turki RT 01 RW 03, Desa Cibedug, Ciawi, Kabupaten Bogor, tidak lagi merasa cemas maupun takut rumahnya terkana bencana longsor. Sebab, tebingan jalan lingkungan warga yang saat ini sering mengalami longsor, sedang dilakukan pembangunan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Cibedug melalui bantuan keuangan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, tahun anggaran 2022.

Kepala Desa (Kades) Cibedug, Deni Setiawan mengatakan, program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) tahun ini, sudah dialokasikan untuk membangun wilayah Kampung Turki, mulai dari betonisasi jalan dan pembangunan tembok penahan tanah (TPT).

Untuk betonisasi jalan, lanjutnya, sesuai perencanaan yang diajukan kepada Pemkab Bogor, yakni dengan panjang 350 meter, lebar 3 meter dan tinggi 0,15 centimeter.

 “Anggaran betonisasi sebesar 252 juta lebih,” ungkap Deni, kepada wartawan saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Selasa (15/11).

Tak hanya betonisasi jalan, lanjut Kades Cibedug, anggaran sebesar 531 juta lebih dialokasikan untuk pembangunan TPT jalan lingkungan warga Turki dengan volume kegiatan, panjang 90 meter, lebar 0,40 centimeter dan ketinggian mencapai 10 meter.

 “Total anggaran Samisade di desa kami mencapai sekitar lebih dari 783 juta,” papar Deni.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur di Kampung Turki, menjadi skala prioritas Pemdes Cibedug. Alasannya, karena kondisi tebing jalan lingkungan yang masih tanah dan belum dibangun TPT, rawan terjadi longsor.

Selain itu, sambung Deni, derasnya irigasi yang ada di sekitar tebingan akses jalan satu-satunya warga Turki beraktivitas, mengancam keselamatan warga di kampung tersebut.

 “Apalagi dengan kondisi cuaca saat ini yang sering hujan, sewaktu-waktu bahaya mengancam keselamatan warga. Makanya, pembangunan TPT jalan sangat diprioritaskan oleh kami,” tegasnya.

Deni berharap, setelah selesai pengerjaan pembangunan TPT dan betonisasi jalan, aktivitas warga menjadi lancar dan tidak lagi merasa kuatir atau takut terjadi bencana longsor.

“Rencana nya kami juga akan membangun jalan lingkungan itu menjadi lebih lebar, sehingga tidak hanya kendaraan roda dua saja yang bisa melintas, tapi bisa dilintasi oleh kendaraan roda empat,” imbuhnya.

Ketua RT 01 RW 03, Kampung Turki, Asep mengaku, senang infrastruktur umum yang menjadi satu-satunya warga beraktivitas, tahun ini kembali mendapatkan bantuan pembangunan.

“Dari dulu kami dan warga disini menginginkan adanya pelebaran dan pembangunan jalan ini. Alhamdulillah bukan hanya jalan, berikut TPT nya juga  dilakukan pembangunan oleh desa,” ucapnya.

Asep pun mengucap rasa terimakasih kepada Pemdes Cibedug dan juga Pemkab Bogor. Pasalnya melalui program Samisade, infrastruktur jalan di Kampung Turki bisa dibangun dengan biaya mencapai ratusan juta.

“Mudah-mudahan tahun depan menjadi jalan lingkar yang bisa dilintasi kendaraan mobil,” tukasnya.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles