27.2 C
Bogor
Saturday, April 27, 2024

Buy now

spot_img

4 Balon Kades  Siap Bertanding Maju ke PAW Desa Sirnagalih

Jonggol | Jurnal Bogor 

Pasca meninggalnya Kepala Desa Sirnagalih terdahulu Alm. Ahmad Anwar, Desa Sirnagalih, Jonggol, Kabupaten Bogor pada 18 Desember mendatang bakal melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW).

Hal tersebut disampaikan Kasie Pemerintahan Kecamatan Jonggol Dedi Hidayat saat dihubungi melalui pesan singkat WA mengatakan, pelaksanaan pilkades PAW ini berbeda dengan pilkades regular.

“ Pelaksanaan Pilkades reguler yang diikuti oleh semua warga desa yang memiliki hak pilih. Sedangkan Pilkades PAW pemilih ditentukan dari hasil musyawarah yang terdiri dari aparat Pemerintah Desa, BPD dan perwakilan unsur masyarakat serta para calon yang berhak dipilih,” ujar Dedi Hidayat kepada Jurnal Bogor.

Pada tahapan ini, lanjut Dedi, panitia telah menerima berkas dari 4 Bakal Calon Kades PAW diantaranya Mutiara Iqilma, Ayub, Hariri, dan Dudu Sanjaya. Selanjutnya, panitia  akan meneliti persyaratan adiministrasi bakal calon dan pendahuluan menentukan balon,Karena yang sudah  mendaftar Balon Kades ada empat. Maka, panitia akan melakukan seleksi dengan ujian tertulis  untuk menetapkan  tiga calon Kades yang akan maju ke Pemilihan PAW.

“Ada  empat  bakal calon yang  sudah mendaftarkan pilkades  PAW. Selanjutnya panitia akan  melakukan verifikasi dan apabila  memenuhi persyaratan, empat bakal calon akan ditetapkan sebagai calon Kades PAW,” terang Dedi.

Dedi  menambahkan  panitia akan melakukan musyawarah desa untuk menentukan jumlah daftar pemilih tetap (DPT).

Terkait kelompok masyarakat yang menentukan siapa yang menjadi kades terpilih, lanjutnya, panitia Pilkades PAW akan  mengundang berbagai lembaga dan kelompok. Diantaranya, Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), Pemdes (perangkat) dan unsur masyarakat  pendidik, tokoh agama dan lain-lain

Dedi berharap, dalam pelaksanaan acara pemilihan Kades PAW nanti dapat berjalan lancar, aman dan sukses.

“Siapapun yang terpilih, merupakan pilihan masyarakat yang terbaik. Dan semoga bisa mengemban tanggung jawab, dan bisa memimpin desa  Sirnagalih ini dengan baik serta dapat menjalankan tugas tersebut dengan ikhlas dan sabar demi kepentingan bersama,” pungkasnya.

** Ramses / Nay 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles