33.7 C
Bogor
Wednesday, May 15, 2024

Buy now

spot_img

PT Triton Manufactures, Pabrik Produksi Benang Bedah Pertama di Indonesia

Citeureup | Jurnal Bogor 

Berawal dari krisis multi dimensi Indonesia pada tahun 1998, yang menyebabkan kekosongan stock alat kesehatan di pusat-pusat layanan kesehatan karena ketergantungan tinggi pada barang import, menjadi pencetus pendirian pabrik PT Triton Manufactures yang dirintis sejak tahun 2011.

Mario

PT Triton Manufactures ialah pabrik benang bedah nasional pertama di Indonesia dan diresmikan oleh Menteri Kesehatan Prof.Dr.dr.Nila Djuwita Faried Anfasa Moeloek, Sp.M(K) pada tahun 2015. 

Salah satu pendiri PT. Triton Manufactures, DR.dr. Nurdin Perdana SKM mengatakan, Triton merupakan pabrik benang bedah nasional pertama dengan teknologi tinggi yang mampu memenuhi kebutuhan benang bedah dan alat kesehatan sekali pakai sesuai standar rumah sakit di Indonesia dengan 11 Jenis benang bedah yang memiliki ijin edar AKD sejak 2015. Pabrik PT. Triton Manufactures menempati lahan seluas 12.500 M2 di Kawasan Industri Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

“Triton berkomitmen untuk membantu pemerintah menghadapi Indonesia Sehat 2025, dengan mengutamakan kepuasan pelanggan dan senantiasa memberikan pelayanan terbaik melalui upaya menciptakan dan mengembangkan produk alat kesehatan yang Inovatif dengan kualitas terbaik dan harga yang kompetitif,” katanya dalam jumpa pers, Rabu (2/11)

Dr Nurdin menambahkan, pihaknya berkomitmen menjadi perusahaan terpercaya di industri kesehatan dengan menghasilkan produk-produk berkualitas yang mampu membantu proses kerja tenaga ahli kesehatan dan memperbaiki kualitas penyembuhan pasien.

“Membangun dan mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan dan menjadikannya sebagai mitra kerja dalam meningkatkan kualitas hidup pasien. Kualitas adalah prioritas utama, sehingga sejak tahun 2016 PT Triton Manufactures telah memperoleh ISO 13485, serta sertifikasi Halal,” cetusnya.

“Sertifikat Halal ini merupakan syarat untuk mendapatkan ijin pencantuman label Halal pada kemasan produk dari instansi pemerintah yang berwenang. Hal ini tentunya akan memberikan rasa aman bagi pasien yang harus memenuhi persyaratan kewajiban agamanya,” tambahnya.

Menurutnya, jika mutu produk dijamin melalui Sertifikasi Proses Produksi, dimana Triton telah mendapatkan Sertifikasi Cara Produksi Alat Kesehatan yang Baik (CPAKB), yang merupakan suatu sertifikasi yang dikeluarkan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebagai acuan bagi sarana produksi alat kesehatan untuk dapat menerapkan sistem manajemen mutu dalam pembuatan alat kesehatan.

“Kolaborasi inovasi penelitian PT Triton Manufactures senantiasa terus membangun komitmen menuju kemandirian bangsa di bidang Alat Kesehatan dengan menggunakan bahan baku dalam negeri. Untuk mengubah sumber daya alam dalam negeri menjadi bahan baku diperlukan pengembangan teknologi dan berbagai penelitian, sehingga sesuai dengan arahan pemerintah bahwa penelitian diharapkan dilakukan bersama (Kolaborasi) antara Industri dengan Institusi penelitian,” paparnya.

Untuk itu, PT Triton Manufactures menjalin kerjasama dengan beberapa Lembaga Penelitian, Asosiasi dan Universitas untuk melakukan beberapa penelitian yang sudah diterbitkan di Jurnal International. Triton Award sebagai bentuk tanggung jawab sosial kemasyarakatan (Corporate Social Responsibility/CSR) dilakukan secara berkelanjutan, bertujuan untuk memacu para tenaga kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanan serta melakukan inovasi di bidang kesehatan, manajemen, produk jasa maupun peralatan, sarana, prasarana guna menghadapi era globalisasi, serta bertujuan untuk memberikan nuansa baru bagi pelayanan prima di kamar bedah di Indonesia, meningkatkan daya saing dan kinerja tenaga kesehatan di Indonesia.

“Melakukan sharing ide dan pembelajaran diantara para tenaga kesehatan kamar bedah di Indonesia. Kemandirian produksi benang bedah nasional yang telah memenuhi aspek aman, bermutu dan bermanfaat melalui ISO 13485:2016, Sertifikasi Halal BPJPH dan Sertifikasi CPAKB memerlukan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan untuk terus dapat berkontribusi bagi Negara Republik Indonesia dan sebagai persiapan apabila terjadi Darurat Kesehatan Nasional akibat bencana alami, bencana buatan manusia / non alam, bencana sosial, ataupun serangan terhadap Ketahanan Kesehatan Nasional,” bebernya.

Selain itu, PT Triton mengirimkan bantuan kemanusiaan sebanyak 189.697 unit benang bedah pada April 2022 lalu.

Berikut jenis-jenis produk yang dihasilkan oleh PT. Trinton Manufactures.

-.Product Sinstetis Absorebable Sutures

1.Caesarean set, 2.T-vio Episiotomy, 3.T-vio 910, 4.T-Vio, 5.T-mono, 6.T-Dio, 7.T-Lene, 8.T-Nylon, 9.T-Bond, 10.T-Silk, 11.T-Plain, 12.T-Chromic, 13.T-Basic Pack

-.Product Other

1.Light weight mesh, 2.Medium weight mesh, 3.Heavy weight mesh, 4.T-skin masker, 5.T-scrub brush, 6.T-towel, 7.T-shampo, 8.T-handrub, 9.T-sanitizer, 10.T-bedliner 

-.New Product

1.T-skinstapler & remover, 2.T-Hemobine standard, 3.T- Hemovine Anal, 4.T-Hemobine dental, 5.T-Hemocel.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles