Melalui Program Germas, Masyarakat Desa Ciawi Dapat Pengobatan Gratis

0

Ciawi | Jurnal Bogor

Pemerintah Desa (Pemdes) Ciawi bekerjasama dengan Puskesmas Ciawi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, melaksanakan pengobatan gratis terhadap masyarakat. Kegiatan yang merupakan salah satu program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) itu, dilaksanakan di Gedung Siti Sarah VIP Masjid Amaliah Ciawi, Rabu (2/11).

Kepala Desa (Kades) Ciawi, Nana Sumarna mengatakan, pengobatan gratis yang dilaksanakan pihak desa bersama tim tenaga kesehatan (Nakes) di Puskesmas ini, khusus untuk  masyarakat Ciawi.

 “Jadi pendaftarannya juga melalui kader Posyandu. Tapi sebelumnya masyarakat sudah diberitahukan oleh para kader di wilayah masing-masing,” ujarnya kepada wartawan melalui pesan WhatsApp, Rabu (2/11).

Untuk jumlah masyarakat yang mendaftar, lanjut Nana, sampai hari kegiatan berjumlah sebanyak 68 orang. Namun, kegiatan pengobatan dengan  pemeriksaan secara Iva test, tidak semua masyarakat bisa ikut berobat karena ada aturannya, mulai dari wanita yang telah menikah dan sudah melakukan hubungan seksual, tidak sedang haid, tidak sedang hamil, serta tidak berhubungan seksual selama 1X24 jam sebelumnya.

Adapun pengobatan gratis yang dilakukan para Nakes Puskesmas kepada masyarakat, seperti cek gula, asam urat, kolestrol, pemeriksaan golongan darah dan PTM.

 “Tapi sebelum pengobatan gratis, terlebih dulu masyarakat mengikuti senam,” ungkap Kades Ciawi.

Nana mengungkapkan, melalui program Germas, masyarakat Desa Ciawi sudah mulai terbiasa melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

 “Mudah-mudahan semua masyarakat yang ada ditiap wilayah Desa Ciawi, menerapkan PHBS, baik di rumah maupun dilingkungan,” imbuhnya.

Sementara, Yudi, warga Kampung Bakom, Desa Ciawi mengaku, saat ini masyarakat yang ada di lingkungannya sudah menerapkan PHBS dimasing-masing rumahnya.

 “Setiap minggu kami di wilayah selalu melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan. Jadi bukan hanya rumah kami saja yang sehat, lingkungan pun nampak sehat,” akunya.

Yudi menyatakan rasa terimakasih kepada Kades Ciawi yang sudah menerapkan program Germas. Alasannya, dari program tersebut akhirnya bisa merubah pola pikir dan  kebiasaan masyarakat terhadap pentingnya kebersihan.

  “Kami juga sangat mengapresiasi kegiatan pengobatan gratis yang dilakukan Pemdes bersama Puskesmas Ciawi, karena sangat membantu masyarakat,” tukasnya.

** Dede Suhendar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here