26.2 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Pemdes Pasir Angin Fokus Program Ketahanan Pangan

Cileungsi | Jurnal BogorĀ 

Ketahanan pangan merupakan suatu kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik dari jumlah maupun  mutunya, aman, merata, dan terjangkau.

Secara nasional, Pemerintah Pusat saat ini tengah memfokuskan program ketahanan pangan sebagai agenda utama usai pandemi berakhir. Aspek ketahanan pangan inilah yang saat ini juga menjadi program khusus Pemerintah Desa Pasir Angin, Cileungsi, Kabupaten Bogor.

ā€œSaat ini kami terus mengembangkan sektor ketahanan pangan masyarakat dengan membentuk kelompok tani hidroponik di setiap RW di Desa Pasir Angin. Kami siapkan berbagai kebutuhan dari mulai peralatan, bibit hingga mengajarkan teknis pertanian hidroponik,ā€ kata Kepala Desa Pasir Angin, Ismail kepada Jurnal Bogor, Selasa (01/11).

Menurut dia, potensi lahan pertanian di Desa Pasir Angin memang sangat sedikit, hal ini terlihat dari keberadaan kelompok tani yang jumlahnya hanya ada dua kelompok. Oleh karena itu, pengembangan sektor pertanian hidroponik menjadi pilihan utama untuk menyukseskan program ketahanan pangan.

ā€œPola ini tentunya sangat efisien secara penggunaan lahan. Karena masyarakat dapat memanfaatkan lahan yang ada untuk mengembangkan sektor pertanian. Sementara untuk lahan fasos dan fasum di beberapa perumahan juga bisa dimanfaatkan untuk pengembangan pertanian hidroponik ini sekaligus penghijauan,ā€ tukasnya.

Ismail mengatakan, selain memfasilitasi kebutuhan peralatan, pihaknya berkerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bogor memberikan pelatihan pertanian hidroponik kepada kelompok tani yang baru dibentuk di tiap RW. Hal ini guna memberikan pemahaman dan kemampuan pada kelompok tani terkait jenis, masa tanam, perawatan dan masa panen dari produk yang ditanam.

ā€œUntuk sementara ini, memang fokus kami baru pada sayur mayur. Dan itupun targetnya masih untuk keperluan komsumtif belum pada aspek produksi. Sementara untuk bidang lain yang juga kami kembangkan untuk program ketahanan pangan ini adalah budidaya ikan lele,ā€ tandasnya.Ā 

** Taufik / NayĀ 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles