27.1 C
Bogor
Tuesday, June 18, 2024

Buy now

spot_img

Masyarakat Keluhkan Pengurusan Sertifikat Tanah

Cileungsi | Jurnal Bogor 

Ketua Presidium Bogor Timur, Alhafiz Rhana menyampaikan masyarakat di Kabupaten Bogor mengeluhkan pelayanan pengurusan sertifikat tanah di Agraria Tata Ruang (ATR) atau Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bogor hingga bertahun-tahun padahal segala biaya administrasi telah lunas.

“Namun entah apa yang menjadi sebab sertifikat itu tak kunjung rampung dalam hal ini Kantor Perwakilan ATR/BPN Bogor Timur,” ujarnya kepada Jurnal Bogor, Rabu (05/10).

Menurutnya, aduan tersebut banyak dikeluhkan kepada presidium yang mengatakan kepengurusan sertifikat tidak efisien. “Kami sudah banyak terima aduan terkait lamanya pembuatan sertifikat tanah. Hal itu terjadi baik di kantor BPN Cileungsi maupun kantor BPN Cibinong Kabupaten Bogor,” papar Alhafiz biasa disapa.

Seperti hal yang dirasakan warga  Kecamatan Cileungsi, Sukamakmur, Jonggol. Mereka mengaku alasan lamanya pembuatan surat sertifikat tersebut bervariasi. “Mulai dari alasan pihak BPN yang mengatakan minimnya Sumber Daya Manusia (SDM), ditambah belum definitifnya Kepala PLT BPN saat ini. Bahkan hingga bertahun-tahun sertifikat tersebut tak jua rampung,” jelasnya.

Karena itu, pihaknya meminta agar Pemerintah Kabupaten Bogor untuk mengevaluasi persoalan ini, agar tidak terus menerus terjadi, dan mendapat keluhan dari masyarakat. “Kami minta posisi Kepala BPN Cileungsi segera didefinitifkan. Hal ini agar tidak berdampak pada lambatnya masa pembuatan sertifikat yang ada di Kabupaten Bogor,” tegasnya.

Hal senada disampaikan Acep Junaedi SH, aktivis Bogor Timur. Menurutnya, sejak BPN ada perwakilan bukan mempermudah atau mempercepat, tapi mempersulit dan memperlambat. Banyak sekali alasannya, mulai dari persoalan buku tanah masih di induk, persoalan akun yang katanya belum bisa kebuka.

“Lah itu gimana ceritanya, masa akun sendiri nggak bisa kebuka, terlebih setingkat kasi selalu gonta-ganti dan merangkap jabatan. Tak jarang orang yang ingin kami temui untuk pembuatan sertifikat sedang di Kabupaten silakan ke Cibinong jika ingin cepat, lalu gunanya ada BPN di Cileungsi apa kalo kita harus diarahkan ke Cibinong juga,” kesalnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles