Ketahanan Pangan Leuwimekar, Kelompok Tani Diberi Bibit Limo dan Kambing

0

Leuwiliang l Jurnal Bogor

Pemerintah Desa Leuwimekar, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor merealisasikan anggaran Dana Desa sebesar 20 persen guna mendukung program ketahanan pangan bagi petani.

Kepala Desa Leuwimekar Emay Sumarno memaparkan, program ketahanan pangan mulai dari sektor  pertanian dan hewani yakni kambing.

“32 ekor kambing secara simbolis diberikan kepada kelompok tani. Masih berlangsung pembuatan kandang. Ketika rampung dibangun, dari 5 kandang yang nantinya akan diisi 6 ekor kambing. Ketika berkembang biak, budidaya kambing tersebut dilakukan secara bergulir,” ujar Kepala Desa Leuwimekar Emay Sumarno kepada Jurnal Bogor, Kamis (29/9).

Pemberian kambing yang disalurkan kepada beberapa kelompok tani itu tersebar di RW 01, 02, 05, dan RW 06. “Guna meningkatkan ketahanan pangan di masa yang akan datang, penyaluran bantuan tersebut diharapkan para kelompok tani  bisa meningkat ekonominya,” harap Kades.

Tak hanya itu, saluran irigasi juga dibangun memanfaatkan sumber air kali Cigatet untuk mengairi pesawahan Blok Sukaasih.

Sementara, pendamping Desa Leuwimekar, Zamal mengatakan, program ketahanan pangan yakni bantuan bibit limo yang digarap petani sebanyak 200 batang yang ditanam di hamparan lahan di kampung Setu di lingkungan RW 05.

“20 persen, anggaran Dana Desa pada program ketahanan pangan mendominasi pada budidaya hewan ternak berupa kambing. Pengalokasian sejumlah  bantuan tersebut diharapkan  dapat bermanfaat dan bisa meningkatkan kesejahteraan para petani,” jelas Zamal.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here