24.6 C
Bogor
Saturday, May 4, 2024

Buy now

spot_img

Nenek di Cigudeg Keluhkan tak Pernah Dapat Bantuan

Cigudeg | Jurnal Bogor 

Seorang nenek lanjut usia yang kondisinya cukup memprihatinkan mengeluhkan tak pernah dapat bantuan apapun dari pemerintah. Nenek bernama Marpuah berusia 66 tahun warga Kampung Malangbong RT 02 RW 011, Desa Argapura, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor itu pun mendatangi kantor Kecamatan Cigudeg menyampaikan keluh kesahnya.

Dia mempertanyakan mengapa lansia seperti dirinya yang hidup hanya dengan suami yang berusia 77 dengan keadaan pikun tak tersentuh bantuan pemerintah.

“Ibu hidup hanya dengan suami, untuk kebutuhan sehari-hari hanya mengandalkan belas kasihan dari kerabat dan tetangga, padahal yang lain mah suka dapat bantuan tapi ibu mah tidak,” ungkapnya dengan nada terbata-bata, Selasa (27/09/2022).

Ditempat yang sama, Bakri, seorang kerabat sekaligus tetangga Marpuah membenarkan bahwa selama ini nenek yang hidup dengan suami tanpa memiliki anak itu tidak pernah mendapatkan bantuan selama beberapa tahun ini.

“Iya ibu Marpuah kerabat saya hidup hanya sama suami yang saat ini kondisinya sudah pikun. Ibu Marpuah selama ini bertahan hidup hanya dari belas kasihan kerabat dan tetangga,” ujarnya.

Sementara itu di Kantor Kecamatan Cigudeg, Marpuah dijumpai Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK)  Hambali. Dia pun merasa prihatin pasca dirinya mengetahui akan keadaan Marpuah yang luput dari perhatian.

“Selama ini kita tidak tahu, karena selama ini kita tidak pernah mendapatkan laporan maupun informasi dari RT RW  maupun desa,” bebernya.

Jadi kata Hambali, atas adanya laporan ini pihaknya akan langsung dengan pendamping lansia kecamatan segera mentindaklanjutinya.

“Akan kita tindak lanjuti secepatnya, karena sepertinya itu belum terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang operatornya ada di desa,” tukasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles