Home Potret Desa Puluhan Dongdang Meriahkan Mapag Bulan Mulud Desa Lemah Duhur

Puluhan Dongdang Meriahkan Mapag Bulan Mulud Desa Lemah Duhur

Caringin | Jurnal Bogor
Puluhan Dongdang meriahkan kegiatan Mapag Bulan Mulud tahun 2022 yang dilaksanakan Pemerintah Desa (Pemdes) Lemah Duhur, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Minggu (25/09).

Kepala Desa (Kades) Lemah Duhur, Ujang Najmudin mengatakan, acara Mapag Bulan Mulud atau menyabut datangnya bulan Maulid, merupakan kegiatan rutin tahunan yang selalu dilaksanakan Pemdes Lemah Duhur.

Untuk menambah semaraknya acara  di bulan lahirnya Nabi Muhammad SAW ini, lanjutnya, pihaknya menyelenggarakan berbagai kegiatan, mulai dari pawai dongdang, pencak silat hingga tabligh akbar.

“Jadi kegiatan yang kami laksanakan ini bersifat islami serta menampilkan pentas seni dan budaya. Makanya ada pawai dongdang, pencak silat dan ditutup dengan acara tabligh akbar,” kata Ujang Najmudin.

Ujang Najmudin yang akrab disapa Iyang itu menjelaskan, masyarakat dari berbagai unsur yang berada di 37 rukun tetangga (RT) dan meliputi 7 rukun warga (RW), ikut turun ke jalan sambil membawa dongdang yang dibuat masing-masing wilayah.

“Untuk itu sebanyak 21 dongdang yang ditampilkan warga secara bersama-sama ini, kami serahkan ke setiap Posyandu. Karena ditiap Posyandu semua warga dari berbagai unsur atau kalangan ada semua,” paparnya.

Dijelaskannya, dongdang adalah tempat atau wadah yang secara tradisional dipakai untuk tempat makanan. Kreativitas dalam pembuatannya juga murni dari swadaya masyarakat.

“Makanya warga sangat antusias membuat dongdang dengan kreasi mereka masing-masing. Isi dalam dongdang tersebut kemudian dibagikan kepada warga yang ikut pawai dalam acara ini,” ujar Iyang.

Iyang menambahkan, peringatan maulid itu harus dijaga dan tetap dilaksanakan, karena untuk menjaga keimanan serta ketakwaan terhadap Nabi Muhammad SAW.

“Bila bukan kita yang menjaga siapa lagi. Jadi mari kita sama-sama lestarikan tradisi ini,” imbuhnya.

Sementara, untuk pelaksanaan star pawai dongdang dimulai dari Kampung Cimande Hilir menuju jalan Cimande – Cikodok dan finis di kantor Desa Lemah Duhur.

Acara kreatif itu mendapat antusias dari masyarakat dan sambutan meriah atas kegiatan pawai dongdang.

“Adanya perayaan maulid nabi ini bukan hanya sekedar merayakan hari kelahirannya nabi saja. Tapi harus dapat menjadikan motivasi kita untuk perubahan dunia atas kelahiran Rasulullah. Karena berkat perjuangan beliaulah kita bisa menikmati islam yang sekarang ini,” tukas Sadiah Sumantri, warga Kampung Nangoh, Desa Lemah Duhur yang ikut pawai dongdang bersama Posyandu Mekar.

** Dede Suhendar  

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version