Home Politik Bantu Masyarakat, Demokrat Kabupaten Bogor Fasilitasi Pembuatan Akta Kelahiran, KIA dan KK...

Bantu Masyarakat, Demokrat Kabupaten Bogor Fasilitasi Pembuatan Akta Kelahiran, KIA dan KK Gratis

Pembuatan dokumen kependudukan di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor

Cibinong | Jurnal Bogor

DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil memfasilitasi masyarakat yang belum memiliki akta kelahiran, kartu identitas anak (KIA) dan kartu keluarga secara gratis di Kantor DPC Partai Demokrat, Rabu (21/9). Kegiatan ini masih merupakan rangkaian bulan bakti Partai Demokrat.

“Demokrat mengetahui kebutuhan dan kesulitan masyarakat, khususnya dalam pembuatan akta kelahiran dan kartu keluarga. Tentu membantu masyakarat dalam membuat akta dan KK menjadi lebih efisien dalam berbagai hal, efesien waktu, efesien biaya (karena gratis),” ujar Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor Dede Chandra Sasmita.

Antusias masyarakat diakui Kang Dechan luar biasa sehingga DPC akan kembali melakukan kegiatan pembuatan akta dan KK lagi. “Terimakasih kepada Kepala Dinas Disdukcapil (Bambang Setiawan) dan tim yang sudah berkenan datang dan membantu full proses pembuatan akta dan KK di DPC Demokrat Kabupaten Bogor,” ungkapnya.

Sementara Sub Koodinator Pelayanan Kelahiran Kematian Disdukcapil Kabupaten Bogor Budi Badarutaman merespons positif upaya Partai Demokrat. Diakuinya, sekitar 30 persen warga Kabupaten Bogor masih rendah kesadarannya mengurus dokumen kependudukan seperti KK, KTP, KIA, akta kelahiran, akta kematian dan dokumen perkawinan dan perceraian.

“Kendalanya mungkin karena tidak sadar atau tidak tahu. Jadi ngurus saat butuh, padahal berpikirnya harus diurus jangan ditunda-tunda,” jelasnya.

Bahkan masyarakat di Kabupaten Bogor juga masih minim mengurus akta kematian. Padahal akta ini penting agar up-date dan tidak tercantum lagi di KK sehingga tidak tumpang tindih seperti penerima BLT masih tercatat padahal sudah meninggal dunia. “Malas mengurus, mengurus karena ada warisan atau asuransi padahal harus dicatatkan. Datang saja ke Disdukcapil atau ke UPT di masing-masing kecamatan,” kata dia.

Menurut Kepala Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPC Partai Demokrat Kabupaten Bogor Solahudin, persoalan dokumen kependudukan akan dibantu karena termasuk kebutuhan masyarakat. “Peran Demokrat memberikan manfaat di masyarakat. Kami akan jemput bola nantiny ke kecamatan. Jadi ada tahap berikutnya,” jelasnya.

** Asep S.Sayyev

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version