25.6 C
Bogor
Saturday, April 20, 2024

Buy now

spot_img

Rampung Dibangun, Toilet SDN Sidamulya Telah Bisa Digunakan

4 Kepsek di Cisarua Ajukan Kembali Perbaikan Gedung Sekolah

Nanggung l Jurnal Bogor

Pembangunan toliet di SDN Sidamulya, Desa Cisarua, Kecamatan Nanggung kini telah rampung pekan kemarin. Kepala Sekolah Idul Fitri  menyatakan, pengerjaan  4 pintu toilet  yang dibangun sistem swakelola yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022 sebesar anggaran  Rp112.500.000 telah rampung dibangun.

“Toilet kini telah dialiri air dan sudah bisa digunakan sejumlah siswa di sekolah itu. Alhamdulillah pembangunan toliet telah rampung dibangun,” ujar Idul Fitri kepada Jurnal Bogor, Rabu (14/9).

Idul Fitri yang merupakan ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Nanggung mengaku beruntung ditengah keterbatasan minimnya fasilitas toilet di sekolahnya, kini sudah teratasi. Sebelum fasilitas toilet itu dibangun, sejumlah peserta didiknya hanya  mengandalkan toilet yang biasa digunakan para guru tersebut.

“Berkat adanya bantuan DAK melalui Pemkab Bogor 4 pintu bangunan toilet kini siswa SDN Siswa tak kesulitan ketika hendak buang air kecil,” ringkasnya.

Lebih jauh Idul Fitri mengatakan jumlah siswa di SDN Sidamulya sebanyak 329 murid , dari 6 ruang belajar jumlahnya siswa yang ada cukup overload. Ruang belajar kelas 1 diisi  65 murid, kelas 2 diisi 55 murid, kelas 3 dengan 33 murid, kelas 4 sebanyak 63 murid dan kelas 5 sebanyak 57 murid, sedangkan untuk ruangan belajar kelas 6 diisi 56 murid.

Dengan begitu, proses awal pihaknya  telah mengusulkan penambahan Ruang Kelas Baru (RKB) ke Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor melalui MusrenbangDes. 

Sementara, Sekretaris Desa Cisarua Ali Akbar mengatakan, penambahan RKB SDN Sidamulya telah kembali disulkan. Termasuk SDN Parigi, SDN  Ciparay dan  SDN Cisarua telah diusulkan perbaikan di setiap masing- masing kepala sekolah.

“Untuk perbaikan sekolah wilayah Desa Cisarua  diusulkan, kini telah diinput  dan  dimasukan di SIPD.

Sebelum dimasukan Musrenbang Kecamatan, di 2023 awal data usulan perbaikan sekolah itu akan diinput kembali,” tukasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles