29.9 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Sungai Keruh di Leuwiceuri Dikeluhkan

Cigudeg | Jurnal Bogor

Diduga akibat aktivitas tambang, sungai yang berada di Kampung Leuwiceuri, Desa Argapura, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor mengalami kekeruhan. Akibatnya warga tidak bisa menggunakan air sungai tersebut.

Video sungai keruh itu juga beredar di media sosial Instagram yang di-update oleh Info Bogor Barat. Dalam keterangan video, warga sekitar mengeluhkan air sungai keruh yang diduga akibat aktivitas tambang.

Warga Kampung Leuwi Ceuri mengeluh karena sungai yang mereka gunakan untuk kegiatan sehari-hari sering keruh. Salah satu warga mengaku bahwa air sungai kerap kotor. Sedangkan air sungai itu sering dipakai warga untuk mencuci dan mandi kalau sewaktu-waktu sumur surut kala musim kemarau.

“Kalo air sumur di rumah surut warga sekitar sering ke sungai untuk mandi dan mencuci kalo kotor begini saya harus kemana lagi,” kata warga.

Mereka meminta pihak berwenang mengatasi masalah air sungai karena sangat diperlukan warga.

“Kita berharap kepada pemerintah untuk bisa segera mengatasi masalah ini. Karena banyak orang sini yang pakai sungai ini,” ujarnya .

Lebih lanjut, warga berharap pihak yang diduga mengakibatkan sungai keruh, segera ditindak agar masyarakat bisa menggunakan air sungai kembali.

Hal itu dibenarkan oleh Sekjen Pemuda Pancasila PAC Cigudeg Rizky Muhammad, bahwa memang benar video yang beredar di media sosial yang menyoal air meluap yang sangat dangkal di aliran sungai tersebut.

“Jadi pada kejadian hujan mengguyur daerah Cigudeg dan sekitarnya pada Jumat kemarin cukup lumayan deras. Seiring dengan itu beredar juga di media sosial Info Bogor Barat menyoal air yang meluap dan sangat dangkal di aliran sungai yang biasa di gunakan juga oleh warga dalam aktivitas sehari-hari,” ungkapnya.

Dia meminta agar pihak terkait menguak asal muasal sumber yang mengotori sungai itu dan untuk di tindak tegas pelaku nya, sebab itu pencemaran lingkungan. Menurut dia kejadian itu juga harus menjadi perhatian dari para wakil rakyat yang berasal dari daerah pilih wilayah tersebut.

“Mengingat adanya bisnis atau area tambang di sekitar lokasi harusnya meningkatkan kesejahteraan rakyat, bukan untuk mencemari lingkungan. Kalo begitu kan amdal nya perlu di pertanyakan,” tukasnya.

Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles