25.8 C
Bogor
Sunday, May 12, 2024

Buy now

spot_img

Antisipasi Cacar Monyet, Puskesmas Cibungbuang Ajak Hidup Sehat

Cibungbulang l Jurnal Bogor.

Puskesmas Cibungbulang meminta warga menerapkan pola hidup sehat untuk mengntisipasi terjadinya penyakit cacar monyet atau monkeypox. “Kami rutin memberikan penyuluhan kepada pengunjung sebagai informasi terkait kesehatan, dan gangguan kesehatan. Alhamdulillah sampai saat ini di Kecamatan Cibungbulang belum ada warga yang ke penyakit cacar monyet,” ujar Kepala Puskesmas Cibungbulang dr Doni Aria. 

Dia menjelaskan, saat ini sedang terjadi penularan cacar monyet di beberapa negara endemis. Namun, untuk di Indonesia belum banyak yang dan meminta masyarakat menerapkan pola hidup sehat (PHBS) dan banyak minum vitamin. 

“Monkeypox ini penyakit yang disebabkan oleh virus monkeypox yang dapat menyebar dari hewan ke manusia dan menyebar antar manusia,” jelasnya.

Menurutnya, gejala klinis cacar monyet ini yaitu demam lebih dari 38 derajat celcius serta muncul ruam setelah satu sampai tiga hari. Kemudian, munculnya ruam perubahan warna kulit, munculnya benjolan kecil setengah mili meter, dan muncul gelembung berisi cairan nanah.

Untuk perkembangan ruam lambat selama tiga hingga empat minggu. Serta ada penampakan khas, limfadenopati atau pembengkakan pada kelenjar getah bening.

“Tetap waspada dan terapkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai upaya pencegahan,” pungkasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles