27.3 C
Bogor
Sunday, May 19, 2024

Buy now

spot_img

Pemohon Membeludak, UPT Dukcapil Bekerja Ekstra

Leuwisadeng l Jurnal Bogor

Sepanjang  Agustus 2022 para pegawai di kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Wilayah IV  lebih ekstra bekerja hingga malam hari

Pasalnya, UPT Dukcapil  diketahui yang setiap hari buka melayani warga masyarakat dari 7 kecamatan yakni Leuwisadeng, Leuwiliang, Nanggung, Cigudeg, Sukajaya, Jasinga hingga warga  Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor belakangan membeludak.

Kepala UPT Dukcapil Wilayah IV Toni Topandi mengakui dalam beberapa pekan terakhir Dukcapil yang berkantor di lingkup Kecamatan Leuwisadeng dipenuhi pemohon  pembuatan akta kelahiran.

“Sebetulnya kita disini hanya melayani pembuatan akta saja mengingat pelayanan di Kecamatan Nanggung sekitar tiga pekan ini  masih offline. Di Kecamatan Nanggung, salah satu penyebab terkendalanya adalah jaringan,” ujar Toni Topandi kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Ditambah lagi kata dia, di Kecamatan Nanggung itu kekurangan SDM hingga pelayanan terhadap masyarakat belum maksimal. Akibatnya, banyaknya pemohon  pembuatan KTP dan KK  terkendala hingga membludak karena pelayanan dari Nanggung sementara dialihkan kesini,” jelasnya.

Setiap hari pihaknya menerima berkas pembuatan akta  cukup banyak. Belum lagi pelayanan di Kecamatan Nanggung dari 11 desa  dialihkan UPT Disduk. Diakui Toni sementara pelayanan di kantornya kekurangan tenaga kerja, terlebih dokumen semua pemohon itu harus di-upload.

“Ada keterbatasan, jadi agak lamban karena UPT Disduk hanya memiliki enam orang pekerja, namun untuk pelayanan dibantu anak anak yang magang disini,” tukasnya.

Sementara perihal terkendalanya jaringan di Kecamatan  Nanggung beberapa pekan ini, Kepala  Disdukcapil Kabupaten Bogor Bambang Setiawan saat dikonfirmasi tak merespons. Namun menurut Kepala seksi Pemerintahan (Kasipem) Kecamatan Nanggung Ridwan menyatakan, pelayanan di Nanggung menurutnya tidak offline.

“Enggak offline, cuman untuk pembuatan KK sementara dialihkan ke UPT Dukcapil. Tetapi kalau untuk perekaman e-KTP masih dilayani di Kecamatan Nanggung,” tandasnya.

 ** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles