Saluran Air ke Bendungan Sendung Diperbaiki Gotong Royong

0

Jasinga | Jurnal Bogor 

Komando Rayon Militer (Koramil) 0621-24 Jasinga dan pemerintah desa serta pihak terkait bergotong royong bersama masyarakat, Rabu (03/08/). Anggota TNI Serda Pipin tampak berbaur pada kegiatan gotong royong masyarakat memperbaiki saluran air menuju bendungan irigasi Sendung.

Bendungan irigasi yang mengaliri beberapa desa di wilayah Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor yang sempat terancam kekeringan lantaran aliran Sungai Cidurian berbelok arah pasca terjadinya banjir bandang pada awal tahun 2022.

Adapun pada kegiatan gotong royong tersebut melibatkan beberapa desa yakni, Desa Kalongsawah, Sipak, dan Desa Setu.

Turut hadir di lokasi kegiatan, Kepala Desa Sipak Agung Suryadinata, Kepala Desa Setu Esa Asmarani, dan Kanit Satpol PP Kecamatan Jasinga.

Tampak juga kolaborasi antara Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan dan Jembatan Jasinga bersama, UPT Infrastruktur Irigasi Jasinga yang menurunkan alat berat berupa excavator mini ke sungai Cidurian – Sendung untuk membuka sodetan yang tertutupi bebatuan dan pasir.

Ketua Tani Sangkuriang Desa Setu, Yudi Murnawan mengatakan, alat berat yang diturunkan itu berasal dari UPT Jalan dan Jembatan Jasinga bersama Infrastruktur Irigasi Jasinga.

“Alat berat dari UPT Pengairan dan Jalan Jasinga udah turun hari ini, pendalaman dan pelebaran sodetan biar air lebih kencang ke arah bendungan,” ungkapnya.

Yudi menjelaskan, pengerjaan sodetan tersebut akan dikerjakan selama lima hari kedepan guna kelancaran aliran sungai Cidurian yang menuju bendungan Sendung.

“Katanya sih rencananya sampai 5 hari ke depan. Alhamdulillah kalau banyak yang berjuang di bidang masing-masing kita lebih maksimal hasilnya,” tuturnya.

Sementara Humas UPT Infrastruktur Irigasi Jasinga Asep Fudin membenarkan adanya pembukaan sodetan sebagai penangan sementara.

“Itu upaya inisiatif pimpinan, kita sebenarnya tidak mau berlarut-larut masalah itu, karena memang kondisi yang tidak memungkinkan, ya kita mengadakan inisiatif untuk membuka sodetan lagi karena kalau banjir selalu tertutup lagi,” kata dia

“Itu saja untuk penanganan sementara yang bisa dilakukan dari pihak UPT Irigasi yang bekerjasama UPT Jalan dan Jembatan. Alhamdulillah, ada respons baik untuk bekerjasama,” tukasnya.

** Andres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here