29.6 C
Bogor
Thursday, June 13, 2024

Buy now

spot_img

Semarak 1 Muharam, Ribuan Warga Pawai Obor

Nanggung | Jurnal Bogor

Momen malam tahun baru Islam pada 1 Muharam 1444 hijriah yang bertepatan pada Jumat (29/7) disambut euforia dengan pawai obor. Setelah dua tahun, momen seperti ini baru dilakukan seiring larangan pemerintah karena Covid-19.

Namun dengan melonggarnya covid-19 di wilayah Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, ribuan masyarakat, hampir di setiap desa, menyambut tahun baru Islam dengan semarak pawai obor. Di Desa Pangkaljaya misalnya, kafilah setiap RW yang diiringi dengan lantunan sholawat menggema. Warga memadati jalan raya berkeliling dengan jarak tempuh sejauh 3 kilometer.

“Alhamdulillah tahun ini kita sudah bisa meramaikan semarak malam tahun baru Islam dengan pawai obor,” ungkap salah satu warga, Nesa Alfitri, kepada wartawan, kemarin.

Kata dia, di wilayah Desa Pangkaljaya memang momen seperti ini setiap tahun dilaksanakan dan tahun ini cukup ramai, dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya.

“Mungkin karena 2 tahun kemarin kita masih dalam kondisi pandemi Covid 19, jadi saya merasa pawai obor malam ini cukup berbeda,” tuturnya.

Sementara, Kepala Desa Pangkaljaya Taupik Sumarna mengapresiasi masyarakat yang sudah meramaikan menyambut tahun baru Islam ini. “Saya sangat mengapresiasi masyarakat, yang begitu antusias dan euforia masyarakat sangat luar biasa. Ini ciri khas masyarakat kita. Kekompakan yang terbangun itu sudah ada sejak dulu,” kata dia.

Taufik berharap, tahun baru Islam 1444 hijriah ini, agar masyarakat dapat menjadikan momentum untuk semakin religius dan bermuhasabah diri. “Semoga kita semua bisa semakin meningkatkan iman dan taqwa,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles