29.9 C
Bogor
Thursday, March 28, 2024

Buy now

spot_img

Yakin 2024 Menang, PKS Kabupaten Bogor Siapkan Tim Pengawalan Kemenangan

Gunung Putri | Jurnal Bogor 

DPD PKS Kabupaten Bogor menyiapkan tim pengawalan kemenangan dengan pelatihan tim advokasi Pemilu. Upaya ini untuk memenangkan Pemilu 2024 yang diyakininya bakal menang. “Selama ini PKS sudah dikenal baik oleh KPU, Bawaslu, parpol lain, dan masyarakat umum jago dan handal pada tim saksinya. Sehingga mampu menjadi partner dan referensi dalam perhitungan, rekapitulasi dan saksi sengketa Pemilu,” ujar Bidang Hukum dan Kebijakan Publik PKS Kabupaten Bogor Achmad Fathoni kepada Jurnal Bogor di kediamannya, Senin (04/07/22).

Achmad Fathoni

Pelatihan Tim Advokasi Pemilu sendiri digelar di aula Lt.2 Kantor DPD PKS Kabupaten Bogor yang diikuti 50 peserta utusan 40 DPC, kepanduan dan kepemudaan, Minggu (03/07/22).

Achmad Fathoni menyampaikan program ini menjadi bagian keyakinan bahwa pada 2024 PKS Kabupaten Bogor akan menang sehingga disiapkan tim pengawal kemenangan yaitu Tim Advokasi Pemilu.

Tapi, kata dia,  di saat bersamaan PKS sering dirugikan karena adanya kecurangan dan pelanggaran dalam pelaksanaan Pemilu. Maka melalui pelatihan ini, PKS Kabupaten Bogor menyiapkan tim yang akan mengawal untuk membela dan mengadvokasi agar semua hak warga, parpol khususnya PKS tidak dilanggar. PKS menginginkan Pemilu dijalankan dengan luber dan jurdil, serta fair sesuai aturan yang berlaku.

“Pelatihan ini dibuka langsung oleh Sekum DPD, Wasto S.Hut yang mewakili ketua yang berhalangan hadir karena sedang ada kegiatan di Bandung. Sekum DPD mengingatkan bahwa kita harus terus mengenalkan dan mengajak masyarakat ikut PKS, sehingga menambah suara dan bisa memenangkan PKS. Beliau juga menyampaikan pelatihan ini sangat penting karena pada dasarnya satu suara yang ditipkan warga negara melalui Pemilu sangat penting dan harus dibela,” papar Fathoni biasa disapa.

Menurutnya, one person one vote one value menghasilkan tim pembela yang kuat dalam menjaga kemenangan PKS. Dalam pelatihan ini juga dibagi dalam beberapa sesi dengan sesi pertama menghadirkan 2 pemateri sekaligus yaitu Kusnadi, SH, MH (advokat Peradi) untuk menyampaikan Pengantar Hukum Indonesia dan Mulyawan SH, LLM (advokat dan akademisi) yang menyampaikan advokasi hukum dasar dan demokrasi.

“Pada sesi kedua disampaikan panel dari KPUD Erik Fitriadi, SH MH menyampaikan tahapan-tahapan Pemilu dan potensi sengketanya serta dari Bawaslu Bogor Ridwan Arifin menyampaikan kajian sengketa Pemilu. Pada kedua sesi dilakukan diskusi dan tanya jawab yang diikuti peserta dengan sangat antusias yang kemudian merekomendasikan adanya diskusi dan pelatihan lanjutan untuk memperdalam materi,” beber Aleg Komisi 3 DPRD Kabupaten Bogor tersebut.

Menurutnya, pelatihan ini akan dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan lain, baik diskusi maupun pelatihan dengan tema-tema yang lebih spesifik lagi. “Dan dengan terbentuknya Tim Advokasi sejak awal, PKS Kabupaten Bogor siap mengikuti dan mengawal pelaksanaan tahapan Pemilu agar sesuai peraturan dan tidak ada hak warga yang dilanggar,” tegasnya.

Erik Fitriadi yang diundang sebagai pemateri mengaku terkesan dengan kegiatan pelatihan yang di adakan PKS. “Peserta cukup antusias ya, dan sangat kritis sekali dalam menyampaikan pertanyaan-pertanyaan, semoga lain waktu bisa diadakan lagi diskusi yang lebih spesifik,” ujar Erik.

Pelatihan ditutup dengan sesi diskusi kasus dan pembentukan Tim Advokasi Pemilu PKS Kabupaten Bogor yang dipandu langsung Tim Hukum Bidang Hukeblik, Krisbiono, SH dkk.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles