BPP Dorong Ketahanan Pangan Melalui Kelompok Wanita Tani

0

Jonggol | Jurnal Bogor 

Kelompok Wanita Tani (KWT)  Melati Desa, Weninggalih, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor merupakan kelompok binaan dari Badan Penyuluhan Pertanian wilayah X Jonggol . Adanya pembentukan kelompok tersebut sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan di level terbawah yakni desa.

Kepala Badan Penyuluhan Pertanian Jajang mengatakan, KWT tidak hanya untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas dan pangan rumah tangga sesuai dengan kebutuhan pangan, tetapi juga berorientasi meningkatkan pendapatan rumah tangga. 

“Melalui wadah ini, para anggota kelompok yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga diberikan keterampilan serta diberdayakan sehingga mampu mengolah pangan secara mandiri bahkan menghasilkan produk yang memiliki nilai jual tinggi,” ucap Jajang kepada pada Jurnal Bogor, Senin (27/06/22).

Menurutnya KWT Melati Desa Weninggalih sudah terbentuk sejak tahun 2020 lalu. Terkait jumlah anggota yang telah bergabung dengan KWT masih minim

“KWT Melati sudah dibentuk dari tahun 2020 dahulu namanya KRPL  sekarang ganti nama menjadi KWT Melati,” bebernya.

Setiap anggota yang tergabung dalam KWT, kata dia, memiliki produk masing-masing dari hasil budidaya tanaman di pekarangan rumah. 

“Mayoritas bahan-bahan hasil produk KWT kita ambil dari hasil budidaya dari anggota kelompok KWT,” pungkasnya.

** Ramses / Nay 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here