Pasar Leuwiliang Jadi Sentra Ikan Hias dan Benih Ikan Konsumsi

0

Leuwiliang | Jurnal Bogor

Unit usaha ikan hias dan benih ikan konsumsi saat ini hadir di Pasar Tohaga Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Pelaku usaha tersebut pun merasa gembira dengan dibukanya sentra pasar ikan hias dan benih ikan di pasar tradisional tersebut.

Kepala Unit Pasar Leuwiliang Mantri Mulyadi mengatakan, pembukaan sentra pasar ikan hias dan benih ikan itu bekerjasama dengan Perumda Pasar Tohaga, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor, Penyuluhan Perikanan Kementerian Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia.

Menurut Mantri, sebelumnya bangunan Pasar Blok D tersebut digunakan oleh pedagang daging, namun dengan kurang minatnya pengunjung, sehingga menjadi kawasan sentra ikan hias dan benih ikan konsumsi.

“Sudah ada 21 pedagang ikan hias yang berdomisili di 7 kecamatan di Kabupaten Bogor mengisi kios untuk ditempati para pedagang ikan hias,” ungkapnya, kemarin.

Lokasi sentra pasar ikan hias, kata dia, sudah dilengkapi sarana air bersih, listrik serta disiapkan juga lahan bagi ada yang mau berjualan khusus ikan hias.”Kita siap menerima masukan dari para pedagang ikan hias untuk kelangsungan pasar ikan hias Leuwiliang,” ujarnya.

Sementara, pedagang ikan hias bibit konsumsi Una (34) mengaku, hadirnya sentra usaha tersebut sangat membantu untuk mengembangkan usaha bagi para kelompok tani khusus di bidang ikan hias dan bibit ikan konsumsi. 

“Untuk harga sangat bervariasi dari jenis ikan hias itu sendiri yang jelas harga di sentra pasar ikan hias ini cukup terjangkau, saya sendiri  menjual bibit ikan konsumsi seperti Ikan patin, lele, gurame, nila dan tembakang,” tukasnya.

** Andres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here