28.8 C
Bogor
Wednesday, May 1, 2024

Buy now

spot_img

MAI dan Baitulmal Tazkia Distribusikan Sabun Cuci Piring Gratis

Babakan Madang | Jurnal Bogor

Sabun cuci piring gratis yang diinisiasi Mandiri Amal Insani (MAI) dan Baitulmal Tazkia kini mulai disalurkan dengan box delivery. Untuk pengiriman perdana, ada 400 UMKM di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor menerima program isi ulang sabun cuci piring secara gratis dan masing-masing UMKM mendapatkan satu liter sabun cuci piring MAI Klin.

Direktur MAI Erwin Setiawan mengatakan, program isi ulang sabun cuci piring sebelumnya telah diluncurkan dan perdana dibagikan di wilayah Kecamatan Babakan madang. “Nantinya 4.000 UMKM akan mendapatkan sabun cuci piring gratis itu,” ucapnya kepada Jurnal Bogor, Kamis (14/06/22).

Erwin mengatakan program ini merupakan pemberdayaan umat yang mungkin akan berdampak terhadap tiga aspek. Pertama adalah aspek pendidikan, sabun cuci piring ini diproduksi oleh santri-santri Goa Batu. Para santri menghafal Al Qur’an dan memproduksi sabun cuci, ini guna keberlangsungan pendidikan mereka.

“Lalu aspek kedua adalah ekonomi, kita akan memberdayakan para tukang ojek pangkalan, yang akhir-akhir ini tergerus oleh dunia online, dan aspek ketiga yaitu aspek lingkungan, program ini akan disalurkan dengan sistem refill atau isi ulang kepada para UMKM, sehingga mengurangi sampah plastik di lingkungan,” jelasnya.

Erwin mengatakan setiap hari nantinya relawan akan membagikan sabun cuci piring gratis dengan menggunakan box menuju perkampungan dengan sasaran para pelaku UMKM semisal pedagang baso, dan warung-warung makanan lainya.

“Dan juga kita sediakan botol gratis dan itu bisa diisi ulang nantinya ketika habis itu akan dapat lagi,” kata Erwin.

Sementara itu salah satu penerima bantuan sabun cuci piring gratis, Nur Hasanah berterimaksih sudah mendapat sabun cuci piring gratis. “Kebetulan sabun saya sedang habis, terima kasih banyak, berkah selalu,” tutur penjual rumah makan sederhana.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles