31.6 C
Bogor
Thursday, May 2, 2024

Buy now

spot_img

Klenteng Kwan Tek Bio Cileungsi Gelar HUT Shejit Yang Mulia 

Cileungsi | Jurnal Bogor

Kwan Tek Bio Cileungsi memperingati Hari Ulang Tahun atau biasa disebut Shejit Yang Mulia (YM) Kongco Kwan Kong / Kwan Ping 2022. Acara tersebut diselenggarakan selama 2 hari berturut – turut pada Jumat dan Sabtu, 8-9 Juli 2022.

Keluarga pengurus Kwan Tek Bio Cileungsi, Rivan Andrian mengatakan, peringatan Shejit Kongco Kwan Kong / Kwan Ping dipercayai oleh keluarga dan umat merupakan kegiatan rutin yang selalu diadakan, dimana dalam kegiatan tersebut terselenggaran berbagai acara dan kegiatan.

“Dimulai dari jam 10 hingga malam hari. Hari pertama, Jumat itu ada persembahayan, Cia Peng An, Barongsai, Thiam Hu Hwat, Gambang Kromong. Hari kedua itu Sabtu, persembahyangan, Cia Peng An, Tahwe (Injek Bara), Mandi Minyak, dan Gambang Kromong lagi, setelah jam 9 malam barongsai sebagai hiburannya,” paparnya kepada Jurnal Bogor, Sabtu (09/06/22).

Menurutnya, yang menjadi acara inti yaitu Tahwe (injak bara), karena itu adalah tradisi turun-temurun.

“Tahwe itu terdapat beberapa meter bara api yang menyala kemudian diharuskan untuk kita injak,” lanjutnya.

Karena Covid-19 , kata dia, di tahun yang sebelumnya banyak acara yang tidak terselenggara dan tidak melaksanakan kegiatan ini.

“Harapanya lebih ke bersyukur aja tahun ini bisa melaksanakan lagi karena di tahun sebelumnya kan kena pandemi Covid-19. Itu sedih sih, biasanya perayaan itu setiap tahun ada, tiba-tiba karena covid-19 2 tahun ketunda,” ujarnya mengakhiri.

** Nay / Wisnu 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles