29.6 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Petani Kopi di Sukamakmur Panen Raya Capai 20 Ton

Sukamakmur | Jurnal Bogor 

Sejumlah petani kopi yang berada di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor melakukan panen raya perdana dengan jenis Kopi Robusta. Panen raya tersebut menjadi yang terbesar di Jawa Barat.

“Panen raya ini sedikitnya ada 20 hektar di lahan pertanian di Desa Sukaharja, dengan mengahasilkan panen kopi berjenis Robusta sebanyak 20 ton,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor Siti Nurianty kepada Jurnal Bogor, Selasa (30/05/22).

Hasil tersebut, kata dia berasal dari bibit yang diberikan kepada para petani di tahun 2019. “Jadi hasil panen raya ini, merupakan hasil bantuan bibit Pemkab Bogor untuk para petani yang ada di Kecamatan Sukamakmur,” jelasnya.

Selain melakukan panen raya kopi Robusta, Pemerintah Kabupaten Bogor pun memberian sejumlah alat bantuan untuk para petani. “Motor roda tiga, serta alat alat pertanian lainnya diberikan kepada petani, langsung yang memberikan adalah Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan,” katanya.

Sementara itu, Hermansyah, salah seorang petani kopi Kecamatan Sukamakmur, mengaku senang, dengan berhasilnya melakukan panen raya kopi Robusta.

 “Panen raya bisa setahun sekali, bahkan empat tahun sekali melihat kondisi cuacanya, ini merupan panen perdananya, dan alhamdlulilah kwalitasnya diakui internasioan dan nasional,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles