31 C
Bogor
Wednesday, May 1, 2024

Buy now

spot_img

Warga Desa Gunung Putri Dapat Pelatihan Hidroponik


Gunung Putri | Jurnal Bogor 

Lembaga Masyarakat Desa Gunung Putri, Kabupaten Bogor kembali melaksanakan pelatihan penanaman hidroponik yang diikuti oleh 16 peserta dari beberapa lembaga di Pemerintahan Desa Gunung Putri. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Desa Gunung Putri selam 16 hari kedepan.

Peserta pelatihan dari Bank Sampah Induk Desa Gunung Putri Rina menjelaskan, pelatihan ini sudah dilaksanakan selama 3 hari, dan pada hari pertama yaitu memperkenalkan bagaimana cara menanam dengan sistem hidroponik.

“Mempelajari cara menanam lewat rootwoll, cara tabur benihnya, pemindahan bibit dari tanah ke rootwoll dan lainnya, dari semua jenis bibit,” papar Rina kepada Jurnal Bogor , Senin ( 30/05/22).

Dengan adanya pelatihan ini, dia merasa senang karena bisa menambah ilmu secara gratis dan juga mendapatkan fasilitas dari balai latihan kerjanya, sehingga tinggal kemauan saja mau atau tidaknya untuk mempelajari sesuatu hal yang baru. Apalagi hidroponik ini kata dia, tidak semua orang bisa melakukannya.

“Alhamdulilah senang bisa dapat ilmu baru, untuk fasilitas kami dapat makan, sepatu safety, seragam, tas ransel dan alat tulis, dimana itu selalu digunakan selama pelatihan selama 16 hari kerja kedepan,” ucapnya.

Kepala desa Gunung Putri, Damanhuri mengatakan, pihaknya mendapatkan tawaran dari BNN untuk melaksanakan pelatihan bagi warga yang ingin belajar cara menanam hidroponik.

“Ya alhamdulilah tawaran tersebut langsung kami sambut baik, dan terlaksana karena buat saya jika warga dapat ilmu dan bisa mandiri saya juga senang mereka bisa memanfaatkan lahan yang sempit untuk bercocok tanam,” papar A Heri biasa disapa.

Oleh karena itu, kata dia, jika ada yang menawarkan pelatihan dalam bentuk apapun selama itu bisa membuat dampak positif untuk warga Desa Gunung Putri akan diterima dengan tangan terbuka apalagi gratis.

“Saya ucapakan terimakasih kepada Kemenaker Dirjen Binalattas dan Balai Latihan Kerja Lembang Bandung yang sudah bersedia memberikan dan berbagi ilmu untuk warga Desa Gunung Putri. Semoga ilmu yang diberikan bisa bermanfaat untuk kehidupan dan bisa diterapkan,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles