25.6 C
Bogor
Saturday, May 18, 2024

Buy now

spot_img

Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh Usai, Peserta Semangat Terapkan dan Bagikan Ilmu

Ciawi | Jurnal Bogor

Kementerian Pertanian melalui BPPSDMP sukses menggelar Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh Vol.3 dengan dengan tema “Pemanfaatan KUR untuk Agribisnis”, digelar sejak 24 hingga 26 Mei 2022, diikuti oleh 1.738.986 peserta online dan 58 peserta offline. Pelatihan ditutup secara resmi, Kamis (26/5), ditandai dengan penyerahan dana KUR secara simbolis kepada 3 petani.

Dijumpai usai pelatihan, para peserta antusias dan bersemangat untuk segera menerapkan dan membagikan ilmu yang didapat selama pelatihan.

“Pelatihan ini bagus sekali, dan saya mohon teman-teman petani dan penyuluh dapat mengaplikasikan semua ilmu yang telah di dapat dan membagikannya pada teman-teman lain, yang belum berkesempatan”, ujar Hartono, petani asal Magelang, Jawa Tengah.

Mengikuti pelatihan secara offline di PPMKP Ciawi, Bogor. Hartono menuturkan program KUR untuk petani sangat bermanfaat sekali bagi produktivitas pertaniannya. “Mohon program KUR terus dilanjutkan karena sangat membantu petani”, harap Hartono

Hal senada diungkapkan oleh Andrias Aprianto, peserta petani asal DKI Jakarta. Baginya pelatihan ini memberikan banyak manfaat, khususnya ilmu dan pengetahuan mengenai KUR dan seluk beluknya. Ia pun salut pada kepedulian pemerintah terhadap petani.

“Pemerintah sangat memperhatikan dan peduli dengan kondisi petani, dimana masalah besarnya adalah permodalan. Saya sangat salut dengan pemerintahan saat ini. Melalui pelatihan ini, banyak pihak yang telah berkontribusi dalam mengayomi para petani,” ujar Andrias.

Penerima dana KUR dari BNI ini juga mengakui banyak mendapatkan ilmu terkait pemanfaatan KUR dari berbagai narasumber, khususnya pengelolaan keuangan dari financial planner.

Seperti diketahui, Kementerian Pertanian (Kementan) mengajak para petani memanfaatkan KUR untuk meningkatkan nilai tambah pascapanen. Pemerintah sendiri akan mempermudah persyaratan program KUR pertanian, termasuk menaikkan kebijakan KUR tanpa agunan. Melalui Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh Vol.3 dengan tema “Pemanfaatan KUR untuk Agribisnis”  diharapkan peserta  memperoleh pengetahuan mengenai proses pengajuan KUR dan dapat memanfaatkan dana KUR tersebut dengan sebaik-baiknya.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo berkeyakinan jika program Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh ini mampu memberikan dampak besar bagi pembangunan kehidupan bangsa  baik saat ini dan juga di masa depan.

“Saya yakin apa yang kita capai hari ini adalah bagian-bagian untuk menghadirkan energi bangsa dalam rangka membangun kehidupan kedepan yang lebih baik dan juga lebih sejahtera,” tegas Mentan SYL.

“Oleh karena itu, pelatihan ini sangatlah penting dan juga sangat strategis. Karena kita ketahui bersama pelatihan sejuta petani dan Penyuluh dengan tema pemanfaatan KUR untuk agribisnis ini adalah upaya untuk menghadapi tantangan dunia,” lanjut Mentan SYL.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, menjelaskan jika program Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh ini, dilaksanakan juga atas tindaklanjut dari arahan Mentan SYL.

“Kegiatan ini sendiri sebagai tindak lanjut atas arahan bapak menteri. Di mana kita harus memulai pelatihan petani dan penyuluhan secara online dan juga offline,” papar Dedi.

Dalam kesempatan menutup pelatihan, Kepala Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP), Yusral Tahir kembali menekankan peran petani dan penyuluh sebagai ujung tombak pembangunan pertanian

“Teman-teman di sini merupakan ujung tombak pembangunan pertanian, ayo bangkitkan pertanian kita khususnya para petani milenial, tingkatkan produktivitas pertaniaannya. Manfaatkan program KUR yang telah difasilitasi pemerintah”, ajak Yusral.

** Nita/Regi PPMKP

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles