31.1 C
Bogor
Saturday, May 4, 2024

Buy now

spot_img

Bina Spiritual Siswa, SDN Parakanmuncang 02 Gelar Sanlat Ramadhan

Nanggung | Jurnal Bogor

Pesantren kilat (sanlat) Ramadhan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Parakanmuncang 02, Desa Parakanmuncang, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor dibuka Rabu (13/04). Sanlat diikuti sangat antusias dengan kegiatan salah satunya Shalat Duha para guru dan siswa-siswi  sekolah tersebut.

Kepala sekolah SDN Parakanmuncang 02 Ondeng Sofwanudin mengatakan, kegiatan sanlat tersebut akan digelar selama satu pekan di bulan Ramadhan yang di kuti oleh siswa-siswi dari kelas I sampai kelas VI.

“Tujuannya untuk pembinaan mental spiritual kepada siswa dan meningkatkan ketakwaan di bulan suci Ramadhan,” ungkapnya.

Dengan berbagai macam kriteria kegiatan, kata Ondeng kegiatan pesantren kilat ramadhan itu disesuaikan kemampuan para siswa-siswi dengan membedakan kelas.

“Jadi untuk kelas I dan II itu membaca surat pendek Iqro sementara untuk kelas VI membaca Alquran. Nanti kalau ada anak yang mau belajar murottal juga kita ajarkan,” kata Ondeng.

Ia menjelaskan, hal itu agar menambah wawasan kepada para siswa dalam hal ilmu keagamaan, terlebih di bulan suci Ramadhan agar kewajiban ibadah puasa yang dilaksanakan para murid bisa lebih berpahala.

“Saya juga ingin menanamkan sebuah karakter kepada siswa, jadi kita membimbing  anak-anak ini supaya lebih memahami bagaimana cara bersikap di bulan suci Ramadhan dan menjadi bahan kebiasaan nanti di rumah maupun di lingkungannya,” jelasnya.

Selain itu ia menyebut, penutupan nanti akan ada santunan terhadap anak yatim piatu terhadap 36 siswa SDN Parakanmuncang 02 dan buka bersama.

“Nanti penutupan pada Kamis mendatang, saya berharap anak-anak ini kita ciptakan menuju ke arah yang bertakwa seperti yang tercantum dalam Al-Qur’an la’allakum tattaquun,” pungkasnya.

**Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles