Home News Meresahkan, Tuak di Ciangger Dimusnahkan

Meresahkan, Tuak di Ciangger Dimusnahkan

Cigudeg | Jurnal Bogor

Pemerintah Desa (Pemdes) bersama Muspika Kecamatan, melakukan sidak penjual minuman tuak di Kampung Ciangger, Desa Wargajaya, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Pasalnya, keberadaan usaha minuman tuak tersebut sering menimbulkan keresahan warga sekitar.

“Usaha tuak tersebut sangat menggangu masyarakat terlebih pada bulan Suci Ramadhan ini,” kata salah satu tokoh pemuda Desa Wargajaya, Ganjar kepada wartawan, Selasa (12/4).

Sementara petugas Pol PP mendatangi tempat berjualan minuman tuak tersebut dan menyitanya yang langsung dimusnahkan dengan cara di buang ke saluran air.

“Intinya masyarakat sudah resah dengan keberadaan usaha tuak, dampaknya pada mabuk, kriminal juga,” kata Ganjar.

Sementara Camat Cigudeg Pardi membenarkan, pada prinsipnya kepada semua pihak harus menghormati bulan Ramadhan dan tidak melakukan hal yang buruk atau maksiat.

“Iya benar, karena penjualan minuman tuak perbuatan tidak boleh dilakukan dan bukan hanya di bulan Ramadhan saja tapi seterusnya harus kami berantas bersama,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa WargaJaya Eman Suryatman membenarkan, pihaknya sempat melakukan operasi tuak di wilayahnya, sehari sebelum puasa, karena banyak dampak akibat konsumsi minum tersebut.

“Memang benar, tapi operasi itu mendadak, karena sempat ada warga kami ribut gara-gara pengaruh tuak makanya kami menggelar operasi mendadak,” kata Eman.

Eman mengaku, sejauh ini tidak ada korban meninggal karena tuak, hanya dampak dari tuak sangat meresahkan masyarakat sekitar.

“Yang jelas jami juga bakal menggelar operasi tuak kembali dengan instasi terkait,” katanya.

Seperti diketahui, perwakilan warga dan pemilik usaha tuak membuat surat perjanjian untuk tidak membeli atau menjual tuak selama bulan Ramadhan, dengan dilaporkan langsung kepada desa setempat.

** Andres

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version