26.4 C
Bogor
Wednesday, May 8, 2024

Buy now

spot_img

SMPN 2 Citeureup Sabet Adiwiyata Tingkat Nasional

JURNAL INSPIRASI – SMP Negeri 2 Citereup akhirnya tercatat sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. Dari serangkaian kegiatan untuk mencapai penghargaan Adiwiyata sudah diikuti sejak awal tahun 2021 di bawah monitor dan evaluasi Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor.

Humas SMPN 2 Citeureup Yoko menjelaskan, kegiatan yang dilombakan dan menjadi catatan penilaian meliputi kelengkapan admistrasi, tata lingkungan sekolah, dan kegiatan yang sesuai visi misi sekolah yang mana temanya adalah mencintai lingkungan hidup.

 8 standar program – program sekolah yang menjadi penilaian Dinas Lingkungan Hidup (Tim penilaian Kabupaten),masuk semua dalam kategori yang dilombakan untuk kegiatan Adiwiyata ini,” ungkap Yoko kepada Jurnal Bogor, Rabu (26/1).

Ia menjelaskan, tidak mudah untuk mendapatkan  Adiwiyata tingkat Nasional ini, akan tetapi karena kemauan bersama dari pihak sekolah dan warga sekolah yang bekerja sama dengan baik, maka tercapailah sampai Adiwiyata tingkat Nasional.

“Susahnya mengedukasi siswa-siswi sekolah itu luar biasa, dan Alhamdulillah semua sudah hampir terbiasa dengan bersih – bersih lingkungan, dan tidak membuang sampah sembarangan. Ya intinya kita warga sekolah harus mempertahan kan itu semua,” papar Yoko.

Ia berharap,  dengan menyandang penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat Nasional ini kedepan seluruh guru dan warga sekolah dapat konsisten menjaga alam dengan langkah-langkah sederhana dan berkelanjutan di lingkungan kelas dan sekolah.

“Seperti mengurangi sampah, membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah, mengelola sampah, menjaga kelestarian air dan sumber energy,” harapnya.

Kedepan SMP Negeri 2 Citeureup berharap bisa berkontribusi dalam skala yang lebih besar dengan mengikuti sekolah Adiwiyata Mandiri di tahun 2022 ini dengan dapat mengurangi sampah. “Adanya kebiasaan yang diawali dari sekolah semoga teraplikasi saat berada di rumah, hingga kebersihan itu tetap terjaga baik di sekolah maupun di rumah,” pungkasnya.

** Nay / Wisnu

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles