29.6 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Vaksin Hari Kedua, Antusias Anak di Kecamatan Cigombong Masih Tinggi

JURNAL INSPIRASI – Meski terlihat meringis saat disuntik vaksin, namun ratusan siswa di empat Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kecamatan Cigombong, antusias mengikuti kegiatan kedua pelaksanaan vaksinasi untuk usia 6-11 tahun.

Di kegiatan vaksinasi kali ini, Camat Cigombong, Raden Eman Irwan Somantri meninjau langsung pelaksanaan kegiatan tersebut.

R. E Irwan Somantri mengatakan, untuk kegiatan vaksinasi sekarang, diikuti empat sekolah yakni SDN Ciburayut 02 di Desa Ciburayut, SDN Cigombong 03 dan 04 di Desa Cigombong, serta SDN Cukanggaleuh di Desa Cisalada.

 “Dari jumlah sasaran 684 anak, yang datang dan divaksin sebanyak 535 anak,” katanya kepada wartawan saat meninjau kegiatan vaksinasi di SDN Cigombong 03.

Menurutnya, tingkat keberhasilan untuk usia 6-11 tahun yang divaksin kali ini, sekitar 78 persen dari jumlah sasaran. Untuk selanjutnya, bagi anak yang belum divaksin karena sakit dan alasan lainnya, akan dilakukan vaksinasi susulan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

 “Kalau yang belum nanti ada vaksinasi susulan,” ungkap Camat Cigombong.

Camat yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Cibinong tersebut menilai, suksesnya pelaksanaan kegiatan vaksinasi usia 6-11 tahun di wilayah Cigombong, tidak lepas dari dukungan warga terutama semua orang tua anak.

R. E Irwan Somantri pun mengapresiasi pihak sekolah, Satgas desa dan Satgas kecamatan, yang sudah sukses  mensosialisasikan kegiatan vaksinasi kepada orang tua anak atau orang tua siswa.

 “Dari sosialisasi itulah orang tua anak atau siswa akhirnya memahami pentingnya vaksinasi,” paparnya.

Lebih lanjut, camat mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah, komite sekolah dan tokoh masyarakat yang telah meyakinkan, bahwa vaksin anak ini aman dan halal.

 “Sejauh ini belum ada keluhan terkait kejadian ikutan pasca imunisasi,” imbuhnya.

Dihari pertama pelaksanaan vaksinasi usia 6-11 tahun, sebanyak 1382 siswa di enam SDN di Kecamatan Cigombong divaksin tenaga kesehatan berasal dari Puskesmas Cigombong, Puskesmas Ciburayut, TNI dan Polri.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Cigombong, Asep Achadiat Sudrajat mengatakan, kegiatan vaksinasi pertama terhadap anak usia 6-11 tahun sudah mulai dilaksanakan di Kecamatan Cigombong.

Adapun kegiatan vaksinasi tersebut, lanjutnya, dilaksanakan di enam sekolah, yakni SDN Cigombong 01, SDN Cigombong 02, SDN Bojongkiharib, SDN Babakan, SDN Ciburayut 01 dan SDN Sindangsari.

 “Alhamdulillah antusias anak sangat bagus untuk divaksin” kata Sekcam Cigombong melalui pesan WhatsApp.

Asep mengungkapkan, penyuntikan vaksin untuk anak usia 6-11 tahun bersandar pada Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MEMKES/6688/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dan Surat Edaran Sekretaris Daerah Kab. Bogor Nomor 1170/Covid-19/Sekret/I/ 2022 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 sampai dengan 11 tahun.

 “Serta surat Kepala Dinas Pendidikan Kab. Bogor Nomor 800/188/Pemb.SD tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun,” tukasnya.

Dede Suhendar/Deni Pratama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles