32.2 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Daun Kelor Si Tumbuhan Ajaib yang Banyak Bermanfaat Bagi Kesehatan

JURNAL INSPIRASI – Daun kelor atau yang memiliki nama ilmiah Moringa Aloifera Lamk merupakan tumbuhan yang diyakini asalnya dari India dan Arab lalu menyebar ke berbagai wilayah.

Ciri dari tanaman ini adalah memiliki tinggi pohon sampai dengan 10 meter, memiliki batang yang lunak dan juga rapuh, serta memiliki daun yang berukuran sebesar ujung jari dengan bentuk bulat seperti telur yang tersusun secara majemuk.

Di berbagai daerah daun kelor banyak sekali dimanfaatkan untuk berbagai macam penggunaan seperti pengobatan tradisonal, tanaman pagar disinfektan, bahkan sampai dengan kosmetik.

Fungsi daun kelor secara tradisional lebih banyak digunakan untuk jamu hingga suplemen, akan tetapi banyak juga orang-orang yang memanfaatkan daun kelor untuk dijadikan sebagai bahan makanan terutama untuk ibu hamil karena dianggap dapat meningkatkan produksi ASI (Air Susu Ibu) pada ibu hamil.

Daun kelor memiliki setidaknya 14 kalori, dan nutrisi lain seperti karbohidrat, protein, zat besi, kalium, magnesium, vitamin C, vitamin A, vitamin B, kalsium, asam folat, serat, fosfor, tembaga, zink, dan selenium dalam sekitar 2 gramnya.

Selain dari manfaat-manfaat tersebut daun kelor juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, berikut beberapa manfaat kesehatan dari daun kelor :

  1. Membantu meringankan penyakit Hepatitis B

Tanaman kelor mengandung zat kimia sepeti minyak behen, minyak terbang, emulsin, alkaloida, pahit tidak beracun serta vitamion A, B1, B2 dan C. daun kelor juga memiliki lebih dari 90 nutrisi yang merupakan antioksidan alami terbaik, memiliki sumber serat terbaik, mangandung betakarotine 4 kali lebih banyak dari wortel serta terdapat bahan minyak omega 3 dan klorofil. (Lina Mardiana, 2002) (dikutip dari Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 2013)

  1. Membantu menangkal radikal bebas

Daun kelor menagndung antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas pada tubuh. Apabila kadar radikal bebas pada tubuh sangat tinggi maka akan mengakibatkan tubuh mengalami stres oksidatif, misalnya diabetes tipe 2 dan juga penyakit jantung. (dikutip dari halodoc.com/ dr. Rizal Fadli, 6 Oktober 2021)

  1. Mengontrol tekanan darah

Daun kelor mengandung kalium dan juga antioksidan yang dipercaya sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan juga menjaganya tetap stabil, oleh karena itu resiko hipertensi ata darah tinggi punda apat dicegah. (dikutip dari halodoc.com/ dr. Rizal Fadli, 6 Oktober 2021)

  1. Menurunkan kolesterol

Apabila kadar klesterol pada tubuh tinggi maka akan meningkatakan rresiko terkena penyakit jantung. Menuut penelitian daun kelor dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Banyak juga makanan nabati lainnya yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh seperti gandum dan almond.

Itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam daun kelor, yang memiliki berbagai macam manfaat terutama dalam mencegah radikal bebas dan masalah kesehatan lainnya. Di balik banyaknya manfaat itu kita juga harus senantiasa menjaga tubuh kita dengan memakan makanan yang bergizi, berolaharaga yang rutin dan istirahat yang cukup.

** Muhamad Rizki Saepul Zamil/mg-uika

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles