33.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Sampah Warga Kampung Ciderum Akhirnya Diangkut

JURNAL INSPIRASI – Meski sudah dua hari tidak ada penanganan, Petugas Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sampah Wilayah III Ciawi, akhirnya lakukan pengangkutan sampah warga Kampung Ciderum RW 09, Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kamis (13/1/2022).

Kepala UPT Pengelolaan Sampah Wilayah III Ciawi, Rudi Ardiyanto mengungkapkan, tersendatnya pelayanan pengangkutan sampah warga yang ada di Kampung Ciderum, akibat adanya permasalahan di armada.

Dimana lanjutnya, dua armada yang biasa beroperasi di jalur wilayah Caringin dan Cijeruk, sudah dua hari ini mogok dan sedang dalam perbaikan di bengkel.

“Kendaraan di jalur Caringin dan Cijeruk sedang turun mesin, jadi pelayanan terganggu,” ungkap Rudi kepada Jurnal Bogor melalui pesan WhatsApp, Kamis (13/1/2022).

Selain itu, kata Rudi, keterbatasan armada menjadi kendala dalam memberikan pelayanan optimal kepada warga terutama para pelanggan. Terlebih, saat ini kendaraan yang ada di UPT kondisinya sudah tua dan masuk kategori tidak layak pakai.

“Tapi mau bagaimana lagi, daripada tidak dioperasikan yang ada malah menghambat pelayanan kepada pelanggan. Contohnya sekarang saja sampah di Kampung Ciderum baru tertangani,” paparnya.

Rudi menjelaskan, secara bertahap pihaknya terus berupaya agar pelayanan tetap berjalan dengan kondisi apapun. Selama kendaraan jalur Caringin dan Cijeruk dalam perbaikan, pihaknya baru melakukan penanganan sampah yang ada di wilayah Cisalopa, Desa Pasir Buncir.

“Kemarin kita fokus sama sampah di Kongsi, Kelurahan Cisarua. Alhamdulillah sudah selesai,” jelasnya.

Rudi minta agar warga Kampung Ciderum, bekerjasama dengan pihaknya untuk menindak tegas para pelaku pembuang sampah liar.

“Kalau ketahuan ada warga luar buang sampah ke tempat penampungan sementara, tangkap dan minta KTP nya biar dilaporkan ke desanya,” imbuhnya.

Sementara, Baharudin merasa lega setelah adanya pengangkutan sampah warga yang sudah dua hari tidak ada penanganan karena terkendala armada.

Menurutnya, sampah yang dikumpulkan di bahu Jalan Ciderum-Citapen persisnya di perkampungan warga, rawan adanya pelaku pembuang sampah liar yang dilakukan warga luar wilayah.

“Alhamdulilah sampah warga kami sudah diangkut petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH),” ujar Baharudin.

Baharudin berharap, pengangkutan sampah di Kampung Ciderum di RW 09, sesuai dengan yang sudah dijadualkan, yakni setiap Selasa dan Jumat.

“Saya doakan agar kendaraan yang melayani di wilayah ini segera selesai diperbaiki dan kembali beroperasi, sehingga pelayanan kepada warga tidak terganggu,” tukasnya.

** Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles