Koramil 2121 Bantu Masyarakat Tingkatkan Ketahanan Pangan

0

JURNAL INSPIRASI – Koramil 2121/Cibungbulang melakukan panen padi bersama masyarakat di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan. Upaya ini guna membantu masyarakat dalam meningkatkan ketahanan pangan.

Danramil 2121 Kapten Infanteri, Slamet Royadi mengatakan, tahun 2020 program ini berhenti tetapi di lapangan tetap membantu pemerintah daerah dalam masalah pertanian.

“Berawal dari masyarakat yang saat ini sedang kesulitan menghadapi Covid-19, kesulitan bekerja. Mereka yang di kampung itu ada lahan yang memang harus diolah dan diberdayakan mereka kesulitan untuk meminta izin, kemudian lahan ada masalah air kami minta lahan yang menganggur itu bisa diberdayakan. Ternyata lahan tersebut bisa diizinkan kemudian sama masyarakat dibersihkan dan ditanami padi,” ungkapnya kepada Jurnal Bogor, Kamis (13/1/2022).

Ia menjelaskan, meskipun lahan tidak terlalu begitu luas, sekitar satu hektar akan tetapi saat ini hasil panen sudah dirasakan oleh masyarakat.

“Rencana nanti hasil padinya dan benihnya itu masyarakat sendiri yang buat. Karena memang masyarakat yang tau benih di sini yang cocok,” jelasnya.

Tentunya dalam hal ini pihaknya ingin membantu masyarakat karena kesulitan perekonomian di masa pendemi.

“Intinya saya membantu masyarakat, memperdayakan lingkungan lahan yang menganggur bisa diberdayakan untuk menambah income . Sehingga masyarakat dapat tambahan dari mana saja yang penting dapat tambahan menghadapi kesulitan-kesulitan di masa sekarang ini,” bebernya.

Ia menjelaskan, untuk saat ini baru satu desa. Akan tetapi desa yang lain bersama babinsa sudah komunikasi dengan Poktan. “Masyarakat yang apabila memang ada terkendala masalah lahan itu komunikasikan. Kalau satu prinsip kita dalam melakukan ini kan membantu kesulitan rakyat disitulah kita bisa membantu pemerintahan kepada rakyat,” tegasnya.

Sementara itu, warga Desa Cibunian Rifal Lubis mengatakan, dengan program tersebut diakuinya membantu masyarakat dimasa pandemi Covid-19.

“Ini program yang harus kita dukung apa lagi untuk pemulihan ekonomi masyarakat, semoga program ini terus berjalan dan diterima manfaatnya oleh masyarakat sekitar,” singkatnya.

**andres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here