26.6 C
Bogor
Wednesday, April 24, 2024

Buy now

spot_img

Kadisdik Resmikan SDN 06 Citeureup, Dorong Mutu Pendidikan Melalui Sarana dan Prasarana Sekolah

JURNAL INSPIRASI – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bogor Juanda Dimansyah meresmikan gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 06 Citeureup yang berlokasi di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Rabu (12/01/22). Kadisdik mendorong mutu pendidikan melalui sarana dan prasarana sekolah.

Juanda Dimansyah mengatakan, pembangunan gedung SDN 06 Citeureup ini adalah progres yang dilakukan oleh Disdik Kabupaten Bogor. “Sesuai dengan fungsi Disdik untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Bogor,” ujarnya kepada Jurnal Bogor.

Menurut Juanda, dalam peningkatan mutu ini ada beberapa hal yang penting dan harus diprioritaskan, seperti sarana dan prasarananya merupakan hal yang penting dan harus diprioritaskan. Mengingat  Kecamatan Citeureup ini merupakan daerah perkotaan.

“Dengan berada di daerah perkotaan, sangat disayangkan mereka (SDN 6 Citeureup,-red) saat itu masih menempati gedung bersama dengan sekolah yang lain,” tutur Djuanda.

Atas dasar itu, Disdik berinisiatif mengambil langkah-langkah upaya untuk membangun gedung baru dengan pelaksanaan ini diatas lahan yang cukup luas sekitar 1900-an meter masih banyak menyisakan ruang, karena yang baru dibangun sekitar 450 meter dengan anggaran Rp 2,3 miliar.

“Pembangunan dengan anggaran sebesar 2,3 miliar ini sudah sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang Disdik Kabupaten Bogor buat,” jelasnya.

Menurutnya, ada tahapan-tahapannya karena ini masuk dari tahun 2017, dan tahapan yang dilakukan ada ketentuan RPJMD Kabupaten, Melihat masih banyak ruang yang belum terpakai, Djuanda pun mengungkapkan akan menindak lanjuti pembangunan, karena dipandangnya gedung yang sudah terbangun ini masih belum mencukupi untuk menampung siswa.

“Karena ini baru 9 ruang, masih kurang 3 rumbel, mungkin akan ada penambahan karena memang muridnya cukup banyak,” bebernya ,

Dengan terbangunnya gedung SDN 06 Citeureup ini, dia berharap besar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung dengan nyaman dan tindak lanjut perawatan oleh pihak sekolah.

” Untuk perawatan gedung dari sekolah, tentunya ada kaitannya dengan pemeliharaan yang sudah dipersentasekan melalui Bantuan Operasional Sekolah(BOS), intinya untuk perawatan dan pemeliharaan sudah ada, dan sudah dianggarkan dalam Dana BOS,” paparnya.

Menurutnya, dengan konsep pembanguan yang berbeda tentunya sekolah ini akan menjadi sorotan dari sekolah lain. Anggaran dilihat lagi dan jika ada anggarannya maka akan dibuat lebih nyaman lagi. Upaya ini dilakukan sesuai apa yang diinginkan Bupati Bogor melalui program Bogor Cerdas.

Di lokasi yang sama, Kepala Sekolah SDN 06 Citeureup, Siti Hapsoh amat bersyukur dengan telah diresmikannya gedung yang sangat indah ini.

“Alhamdulillah SDN 06 Citeureup telah memiliki gedung baru yang sangat bagus, karena sebelumnya menumpang di SMP PGRI Citeureup,” katanya.

Ia berharap kedepannya, dengan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah bisa mendorong KBM di sekolah ini.

“Dengan kualitas sarana dan prasarana yang bagus ini, saya berharap dan sangat mengupayakan sekolah bisa meningkatkan kualitas belajar mengajar dan meningkatkan prestasi siswa,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles