25.6 C
Bogor
Saturday, April 27, 2024

Buy now

spot_img

Armada Mogok, Pelayanan Pengangkutan Sampah Warga Kampung Ciderum Terhambat

JURNAL INSPIRASI – Tumpukan sampah warga Kampung Ciderum di empat rukun tetangga (RT) di RW 09, Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, menghiasi ruas Jalan Ciderum-Citapen. Itu lantaran tidak adanya pengangkutan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sampah Wilayah Ciawi.

Baharudin, koordinator sampah di RW 09 Kampung Ciderum mengatakan, sampah-sampah warga yang menumpuk di bahu jalan, lantaran belum dilakukan pengangkutan oleh petugas dari UPT.

Menurutnya, setiap seminggu dua kali, sampah warga yang ada di RW 09 selalu diangkut petugas kepanjangan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor.

“Jadual pengangkutan hari Selasa dan Jumat,” kata Baharudin kepada wartawan.

Baharudin mengungkapkan, tidak diangkutnya sampah warga yang terdapat dibeberapa titik penampungan sementara, membuatnya kuatir akan ada warga luar kampung yang membuang ke lokasi penampungan tersebut. Terlebih, lokasi penampungan sampah berada disepanjang jalan.

“Makanya kalau tidak langsung dilakukan pengangkutan, kuatir ada warga luar yang tidak masuk kedalam langganan ikut membuang,” paparnya.

Informasi yang didapat, lanjutnya, keterlambatan pengangkutan yang harusnya hari Selasa, karena kendaraannya masuk bengkel alias mogok.

“Kata petugas wilayah Caringin, mobil yang biasa mengangkut sampah warga kami sedang mogok dan masuk bengkel. Jadi tidak bisa beroperasi dulu,” jelasnya.

Baharudin berharap, pihak DLH segera melakukan pengangkutan sampah yang sudah terkumpul di jalan tersebut. Sehingga lingkungan Kampung Ciderum bersih dan menghindari adanya sampah liar yang dibuang warga luar.

“Saya harap besok (hari ini, red) ada pengangkutan. Saya malu sama warga, takut berpikiran negatif melihat sampah masih menumpuk dan belum diangkut,” imbuhnya.

Sementara, melalui pesan WhatsApp, Ajat, pengawas UPT Pengelolaan Sampah Wilayah Ciawi meminta maaf atas adanya kendala dalam pelaksanaan pelayanan pengangkutan sampah warga di Kampung Ciderum.

“Armada yang biasa mengangkut sampah di wilayah Ciderum sedang masuk bengkel. Jadi tidak bisa beroperasi dulu. Saya usahakan untuk mencari kendaraan lain agar pelayanan tetap dilakukan kepada warga,” tukasnya.

** Deni Pratama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles