JMI Bogor Raya Apresiasi Konsistensi Komunitas Lindungi Hutan

0
Komunitas Lindungi Hutan Bogor

JURNAL INSPIRASI – Turut serta dalam aksi penanaman 2.400 pohon yang digagas Komunitas Lindungi Hutan Bogor, Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) Bogor Raya mengpresiasi konsistensi komunitas lingkungan ini, Minggu (09/01/22).

Apresiasi ini diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) JMI Bogor Raya, Sudadi. Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan di Bukit Cisewu, Desa Sukamulya, Jonggol, Kabupaten Bogor ini patut dicontoh, khususnya oleh kalangan muda.

“Kegiatan semacam ini harus sering dilaksanakan, melihat bencana di satu tahun terakhir diakibatkan oleh kurangnya resapan air dan penahan tanah,” ucapnya.

Selain itu, Sudadi pun lagi-lagi memberikan apresiasi, karena lokasi penanaman yang dipilih menunjukkan keseriusan Komunitas Lindungi Hutan ini.

“Lokasi kegiatan yang mereka ambil, amat memperhitungkan kondisi juga memperkirakan wilayah yang berpotensi bencana,” tuturnya, Senin (10/01/22).

Di lokasi yang sama, Noval, Ketua Lindungi Hutan (LH) Bogor menjelaskan, kegiatan penanaman ini memang menjadi program utama dari komunitasnya.

“Selain melakukan penanaman, kita pun melakukan perawatan hingga bibit-bibit pohon ini bisa tumbuh dengan aman,” katanya.

Kegiatan penanaman ini, lanjut Noval, sebagai penanda bahwa kehidupan manusia tidak bisa lepas dari pohon dan fungsinya.

“Saat pohon terakhir ditebang, saat sungai terakhir dicemari, saat ikan terakhir dipancing, barulah manusia akan sadar kalau uang tak bisa dimakan,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here