34.1 C
Bogor
Friday, May 3, 2024

Buy now

spot_img

Jalan Gelap Gulita, Wilayah Kecamatan Caringin Minim PJU

JURNAL INSPIRASI – Lagi warga di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, mengeluhkan penerangan jalan umum (PJU). Kali ini, warga RT 001/005 Kampung Cikalang, Desa Muarajaya, Kecamatan Caringin, mengeluhkan minimnya sarana PJU di wilayah mereka yang sejak lama. Kondisi jalan gelap saat malam hari menyisakan kekhawatiran bagi warga.

Terlebih menurut warga, kawasan tersebut dikenal rawan aksi kejahatan, salah satunya pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

“Apalagi di gang masuk ke jalan ini, kalau malam gelap banget, makanya khawatir banget takut ada orang jahat dan hal-hal lainnya,” ujar Lilih, warga sekitar.

Madun, warga lainnya juga mengaku beberapa waktu lalu, sepeda motor miliknya raib digondol maling. Ia menduga hal itu dipicu oleh PJU yang tidak berfungsi.

“Saya, tetangga juga pernah kehilangan motor. Selain situasi kampung yang sepi, minimnya PJU juga menjadi salah satu pemicu aksi kejahatan di kampung ini,” ungkapnya.

Tamrin, warga lainnya membenarkan, jika di kampungnya rawan aksi curanmor. Ia mengaku sudah dua kali kehilangan sepeda motor miliknya dalam kurun waktu yang berbeda.

“Saya dua kali, belum motor milik tetangga. Kalau dihitung-hitung lebih dari delapan unit motor warga yang hilang di kampung ini. Dari jalan masuk ke sini saja sudah gelap,” terangnya.

Warga pun meminta pihak terkait segera melakukan perbaikan sejumlah PJU yang sudah lama padam. Karena diakui warga, selain rawan curanmor, jalur tersebut juga kerap menjadi pelarian para pelaku tawuran di jalur utama yakni jalan HR Edi Sukma atau jalur Bocimi.

Sebelumnya, Rudi, warga Kampung Ciderum, Desa Ciderum mengatakan, sepanjang jalan mulai dari Kampung Anyar hingga Kampung Ciderum, keberadaan PJU sangat minim.

 “Hanya ada beberapa PJU saja yang terpasang. Dan itu juga kondisinya tidak nyala alias padam,” ungkapnya.

Menurutnya, kondisi jalan gelap tanpa penerangan, membuat jalan yang merupakan akses utama warga beraktivitas, rawan kejahatan maupun kecelakaan.

 “Kalau giliran kerja shift tiga, saya sering takut pulang. Dari pabrik itu keluar jam 24.00 WIB atau tengah malam, karena sepanjang jalan gelap saya mengendarai motor dengan kencang,” aku Rudi yang bekerja di salah satu pabrik di wilayah Caringin tersebut.

Rudi mengungkapkan, belum lama ini lebih dari tiga unit kendaraan milik warga Kampung Ciderum, hilang dicuri maling saat di parkir didepan rumah. Itu terjadi, karena kondisi jalan gelap.

 “Mungkin kalau jalanan terang, maling juga tidak akan berani. Untuk itu saya minta agar sepanjang Jalan Ciderum terpasang PJU, biar tidak ada lagi tindak kejahatan,” paparnya.

**Dede Suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles