31.6 C
Bogor
Monday, May 6, 2024

Buy now

spot_img

Bina Wilayah, TP PKK Kecamatan Cijeruk Gembleng Kader

JURNAL INSPIRASI – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) desa di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, digembleng tugas pokok dan fungsinya. Kegiatan itu dilakukan Ketua TP PKK Kecamatan Cijeruk, bersama Kepala Seksi (Kasi) PKM dan Ketua Korlap PLKB Kecamatan Cijeruk, di aula Desa Tanjungsari, Kamis (9/12).

Ketua TP PKK Kecamatan Cijeruk, Nova Sandi Permana mengatakan, pelaksanaan pembinaan wilayah dan administrasi 10 program PKK, sangat penting dilakukan. Sehingga, para pengurus PKK yang ada di wilayah Cijeruk, menjadi lebih mengerti serta memahami tugas pokok dan fungsinya. “Yang paling utama dalam kegiatan ini, untuk mempererat tali silaturahmi para kader PKK di Kecamatan Cijeruk,” katanya kepada wartawan.

Adapun hal lain dalam kegiatan bina wilayah ini, lanjut Ketua TP PKK Kecamatan Cijeruk, yakni melakukan penyusunan administrasi kegiatan PKK selama satu tahun. “Kami juga ikut membantu cara tertib administrasi,” aku Nova Sandi Permana.

BACA JUGA Ratusan Buruh Wilayah Selatan Ikut Mendemo Pemerintah

Meski dalam penyusunan administrasi yang dilakukan para kader PKK melalui kelompok kerja (Pokja) masing-masing masih ada perbaikan, kata Nova Sandi Permana, namun administrasi yang disusun dan dikerjakan sudah baik. “Saya yakin tahun depan penyusunan administrasi yang dilakukan masing-masing Pokja, semakin baik lagi,” paparnya.

Nova Sandi Permana mengungkapkan, adanya Pandemi Covid-19 dan keluarnya PPKM, membuat kegiatan-kegiatan TP PKK yang sudah terprogram menjadi terhambat, salah satunya pelaksanaan pembinaan wilayah seperti sekarang.

Untuk itu, sambungnya,menjelang akhir tahun 2021, TP PKK Kecamatan Cijeruk bersama para kader terus bergerak melaksanakan bina wilayah yang sudah menjadi program kerja. “Sekarang saja di bulan Desember ini, baru tiga desa yang sudah melaksanakan bina wilayah, yakni Desa Palasari, Cipicung dan Tanjungsari. Mudah-mudahan sebelum akhir tahun, semua desa sudah dilaksanakan bina wilayah,” papar Nova Sandi Permana.

BACA JUGA Wabup Minta Kendaraan Material ke Eiger Ditahan

Sementara, Ketua TP PKK Desa Tanjungsari, Siti Mariam menjelaskan, di wilayah Tanjungsari ada sebanyak 25 kader PKK. Para kader itu yang bergerak melakukan pembinaan keluarga, kesehatan dan sosial. “Semua kegiatan dicatat dalam bentuk administrasi,” akunya.

Siti Mariam mengapresiasi kegiatan bina wilayah yang dilaksanakan TP PKK  kecamatan. Sebab, adanya bina wilayah dapat meningkatkan pemahaman para pengurus atau kader PKK desa, terhadap tugas pokok dan fungsinya sebagai lembaga kemasyarakatan mitra kerja pemerintah. “Kami bisa belajar lebih banyak lagi. Saya berharap ilmu yang didapat ini,  bisa kami laksanakan dengan sebaik mungkin,” tukasnya.

**deni pratama

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles