31.4 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Karnaval JKPI Berlangsung Meriah

JURNAL INSPIRASI – Tari Sobrak yang dibawakan 9 orang penari wanita mengenakan busana khas Surakarta dengan kacamata hitam merupakan rombongan pertama yang hadir menyuguhkan seni budaya dalam Karnaval Budaya Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) 2021 di GOR Indoor Pajajaran, Kota Bogor, Jumat (3/12) malam.

Selanjutnya, Kota Bogor menampilkan tari Tunggul Kawung oleh Sanggar Edas dan Citra Budaya yang sebelumnya diawali pemutaran dokumentasi Kota Bogor yang menggambarkan keberagaman latar belakang.

Suguhan seni budaya dilanjut Kota Pekalongan, diikuti Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara yang menyuguhkan kesenian silat bercerita sejarah berdirinya Kabupaten Muna. Selanjutnya Kabupaten Sumbawa dan Kota Blitar.

BACA JUGA Bima Arya Serahkan Anugerah Bakti Utama Pusaka

Kemudian Kota Malang menampilkan Tari Topeng Bapang Malangan menceritakan tentang tokoh dari cerita Panji Asmoro Bangun yang bernama Jaya santika (Tokoh Bapang) yang menggambarkan sosok tokoh yang gagah perkasa, berani, dan tegas. Dimana salah seorang penari mengenakan semacam topeng dengan bobot 35 kg.

Kota Singkawang dari Kalimantan Barat tak ketinggalan menampilkan tari Rentak NKRI yang diakhiri dengan menyanyikan lagu Dari Sabang Sampai Merauke secara bersama-sama.

Selanjutnya, Kabupaten Belitung Timur hadir dengan tari Gerbang Utara. Kabupaten Siak, tari joged Lambak.

Ketua Presidium JKPI 2018-2021 yang juga Bupati Siak, Alfedri memberikan cinderamata kepada Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dan Wali Kota Bogor, Bima Arya.

BACA JUGA Kongres JKPI di Kota Bogor Tetapkan 8 Ibu Kota Kebudayaan

Kota Sawahlunto, menampilkan tari Sawahlunto Badarak, yang di akhir ada dua orang menari diatas pecahan beling kaca.

Selanjutnya Kota Langsa, menampilkan tari Geurebang. Kota Banda Aceh menampilkan Tarian Rapai Geleng, yang diakhir memberikan cinderamata berupa Kupiah Meukeutop kepada Ketua Presidium JKPI 2021-2024, Bima Arya.

Kemudian Kota Sabang, Kota 1.000 Benteng yang merupakan titik nol Indonesia menyuguhkan tari Saman dan disusul Kota Buton Utara. Kota yang terkenal dengan Benteng Terluas, Kota Bau Bau, Sulawesi Tenggara, menampilkan tari Lawati.

BACA JUGA Eksekusi Lahan Yayasan Fajar Hidayah Berujung Perlakuan tak Manusiawi

Karnaval Budaya JKPI Kota Bogor 2021 ditutup oleh kontingen Kota Palembang, Sumatera Selatan yang akan menjadi tuan rumah Rakernas JKPI berikutnya, menampilkan seni budaya bela diri khas Palembang, Kuntau Sriwijaya.

Di akhir ada penyerahan pataka JKPI dari Wali Kota Bogor, Bima Arya kepada Wali Kota Palembang, Harnojoyo sebagai tuan rumah Karnaval Budaya berikutnya, disaksikan Direktur Eksekutif JKPI pusat.

**fredyk

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles