34.2 C
Bogor
Sunday, May 5, 2024

Buy now

spot_img

Jalan Rusak Diduga Akibat Dilintasi Truk Material Ekowisata Eiger

JURNAL INSPIRASI – Pemerintah Kabupaten Bogor sia-sia mengeluarkan duit Rp1,9 miliar untuk kegiatan peningkatan ruas juas Jalan Cihanjawar-Citeko, tepatnya di Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung. Betapa tidak, belum juga kering jalan tersebut diaspal sudah dirusak oleh lalu lalang truk pembawa material proyek Ekowisata Eiger Adventure Land. Material yang dibawa yaitu tiang pancang yang bobotnya di atas 50 ton.

Pantauan, sebagian bahu jalan di beberapa titik mengalami retakan, bahkan ada yang ambles. Kontraktor pelaksana peningkatan ruas Jalan Cihanjawar-Citeko, Jonarudin Syah mengaku geram. Menurutnya, lalu lalang truk yang membawa material proyek Eiger tidak hanya merugikan dia saja, tapi juga Pemkab Bogor.

“Sudah tahu sedang dilakukan perbaikan, ini truk-truk proyek Eiger seenaknya melintas,” kesalnya.

BACA JUGA PN Cibinong Menangkan Tergugat

Dia menjelaskan, ruas Jalan Citeko diperbaiki sepanjang 1,8 kilometer, berikut pembangunan TPT dan saluran air. Biayanya bersumber dari APBD Kabupaten Bogor tahun 2021 dengan nilai Rp1,9 miliar lebih.

“Tepat di titik nol hingga akhir ruas jalan yang diperbaiki sudah dipasang plang sedang ada kegiatan perbaikan jalan. Tapi ternyata tidak dihiraukan. Saya sudah laporkan hal ini pada UPT Infrastruktur Jalan dan Jembatan Kelas A Wilayah Ciawi dan Dinas PUPR,” katanya.

Jonarudin Syah pun mendesak supaya Eiger bertanggung jawab. Sementara itu Pengawas Kecamatan Megamendung pada UPT Infrastruktur Jalan dan Jembatan Kelas A Wilayah III, Didi mengatakan, pihaknya telah menyurvei kerusakan jalan yang disebabkan oleh truk material proyek Eiger. “Tadi (kemarin, red) pihak perwakilan Eigernya sudah ditegur. Kabarnya Eiger akan diundang ke Dinas PUPR Kabupaten Bogor,” tukasnya.

**dede suhendar

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles