24.6 C
Bogor
Saturday, May 4, 2024

Buy now

spot_img

Pascabanjir, Dua Rumah Dekat Bendungan Kali Cisarua Nyaris Ambruk

JURNAL INSPIRASI – Dua rumah warga Kampung Cisarua, Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor yang tinggal di kawasan bendungan Kali Cisarua keberadaannya sangat khawatirkan lantaran nyaris ambruk.

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang)  Kecamatan Leuwiliang, Yoga Irawansyah mengatakan pascabanjir Kali Cisarua  yang merobohkan bagian sayap bangunan bendungan sehingga dua rumah yang tidak jauh dengan lokasi tersebut keadaannya terancam.

Atas kejadian itu, pihaknya sudah berkoordinasi  dengan instasi yaitu  UPT infraskturktur Irigasi dan  Pengairan wilayah IV Leuwiliang mengenai rencana perbaikan bendungan yang ambruk tersebut.

BACA JUGA Gubernur Jabar Apresiasi Keindahan Alun-alun Cirimekar, Emil: Harus Ada Bebek-bebekan yang Warna-warni

“PUPR melalui UPT Infraskturktur Irigasi dan Pengairan Wilayah IV Leuwiliang telah melakukan Survei  guna merencanakan perbaikan sayap kiri di Bendungan Cisarua yang ambruk. Antara lain, dengan dipasangnya bronjong sepanjangnya sekitar 13 meter serta tingginya 3,5,cm,” kata Yoga.

Yoga menambahkan, di wilayah tersebut masuk wilayah zona rawan bencana yaitu Desa Purasari dan Puraseda. Dia juga menghimbau melalui  Pemdes beserta jajaran RT dan RW agar memperhatikan lingkungan terutama di area yang rawan longsor.

“Dan diharapkan juga  kepada warga agar menjaga lingkungannya jangan asal main tebang pohon karana dengan ada pepohon itu salah satu mencegah Longsor,” jelasnya.

BACA JUGA Katar Cibarengkok Dorong Perdes Larangan Buang Sampah ke Sungai

Salah satunya untuk mencegah terjadinya longsor dengan  cara menanam pohon yang besar atau pohon berproduktif untuk  meningkatkan perekonomian warga.

“Insya Allah  di acara rapat koordinasi kita akan sampaikan  kepada kepala desa serta jajarannya untuk peduli dalam menjaga lingkungan agar tidak terjadi lagi yang namanya bencana banjir atau longsor di wilayah,” tandas Yoga.

**arip ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles