JURNAL INSPIRASI – Paket pengiriman yang dilakukan J&T Express mengalami peningkatan yang melonjak signifikan pada event Shopee 11.11 pada tahun ini dibandingkan tahun 2020.
Jumlah mengiriman mencapai 16,5 juta paket. Angka yang meningkat dikelipatan 1,5 pada tahun ini di bandingkan tahun lalu. Dengan demikian, per hari pengiriman J&T menembus angka 2,5 juta paket.
CEO J&T Express Robin Lo mengatakan, pada tahun 2021 kenaikan jumlah paket yang diperoleh J&T mencapai 50 persen di bandingkan pada tahun 2020 lalu. Perkembangan ini sudah disiapkan sangat matang oleh J&T agar bisa mengondisikan setiap elemen yang ada di dalam perusahan tersebut
BACA JUGA Andri Rahman: Samisade Jadi Titik Terang Pembangunan Infrastruktur di Jonggol
Bahkan yang terpenting adalah ujung tombak dari semua elemen yaitu bagian operasional yakni kurir atau driver.
“Persiapan yang utama bagi kami adalah Sumber Daya Manusia (SDM) serta armada yang memadai. Kami melakukan penambahan tenaga kerja dan kapasitas unit sehingga operasional tetap mampu berjalan normal dan efesien,” ujar Robin, Jumat (26/11/2021).
Menurutnya, melesatnya traffic pengiriman pada festival 11.11 masih didominasi oleh paket pembelajaan di e-commerce yang pencapai 70 persen. Seperti diketahui, pandemi Covid-19 ini membuat masyarakat susah untuk keluar rumah apalagi berbelanja, jadi salah satu yang bisa menyambung kehidupan adalah berbelanja online.
BACA JUGA KAMMI Demo Kemendikbud Ristek
Kehadiran belanja online seperti dari Shopee, Tokopedia, Blibi, dan Lazada bekeja sama dengan expedisi agar memudahkan para pembeli. Hal tersebut tidak lain karena berkembangnya teknologi dalam transaksi online.
Sementara J&T juga sudah mempunyai gerai 4.000 titik ayang terdiri dari drop point dan collection point di seluruh Indonesia. Hal tersebut dilakukan agar menjagkau pengiriman ke semua wilayah di Tanah Air .
Tak hanya itu , layanan terbaru J&T Express, yaitu J&T Super terus dikembangkan secara bertahap. Hingga kini, J&T Super telah tersedia di kota Indonesia. Layanan ini mampu menunjang kenaikan transaksi pengiriman terutama kota-kota besar, seperti Surabaya, Jakarta, Yogyakarta dan luar-luar daerah Jawa.
Meski berangsur pulih dan penurunan level PPKM di beberapa wilayah, J&T tetap menerapkan protokol kesehatan untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan pelanggan serta karyawan. Dengan demikian, pengiriman paket dapat di\ proses dengan aman dan baik di setiap harinya ataupun hari-hari besar nasional.
**nauval reyzkania/mg-uika