33.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Baru Pertama Kali, Siswa SDN Pasir Peuteuy Adaptasi ANBK

JURNAL INSPIRASI – Puluhan pelajar dari Sekolah Dasar Negeri (SDN)  Pasir Peuteuy Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor tengah mengikuti gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Senin (1/11).

Kepala Sekolah SDN Pasir Peuteuy Juju Juhaeriah mengatakan, sebanyak 20 siswa/siswi kelas lima tersebut baru pertama kali dilakukan ANBK. Mereka diawasi oleh para guru, pengawas sekolah dan Kepala SDN Pasir Peuteuy.

Kegiatan ANBK secara online diakuinya sewaktu-waktu bisa terkendala jaringan sinyal. “Jaringan internet 80 persen sehingga kegiatan ANBK  berlangsung berlancar,” ujar Kepala Sekolah SDN Pasirpeuteuy.

BACA JUGA: Pemuda Masa Kini Tergerus Perkembangan Zaman

Adapun materi yang dibahas tentang literasi dan numerisasi. Juju dalam pengawasan tersebut mengatakan, keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dapat terpantau, bahkan bisa selesai sebelum batas waktu yang diberikan.

Diakuinya fasilitas komputer untuk ANBK sejauh ini masih belum maksimal karena komputer yang digunakan hasil pinjam dari para guru. “Komputer memang tersedia, meski sebagian kita pinjem,” paparnya.

“Hanya kita ada bantuan afirmasi sehingga Alhamdulillah bisa dimanfaatkan untuk anggota sekarang,” tambah Juhaeriah.

BACA JUGA: Pemenang Mojang Jajaka Kota Bogor 2021

Menurut Juhaeriah, kegiatan ANBK tersebut akan dilaksanakan satu hari dengan harapan ANBK di sekolahnya, siswa/siswi bisa lebih mengenal komputer dan paham untuk kemudian hari bisa mengerjakan soal-soal itu dengan baik.

“Sejauh ini belum ada kesulitan yang terlalu fatal,” kata dia.

Hal serupa dikatakan guru pendamping, Dian Susilawati bahwa pelajar mengaku kesulitan adaptasi pada program baru tersebut, akan tetapi ANBK dari hari pertama telah berjalan lancar. “Ini program baru sehingga para peserta ada sedikit kesulitan. Setelah kita coba Alhamdulillah secara berkala bisa beradaptasi,” pungkasnya.

**aripekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles