Kurangi Kemacetan, Pemdes Sukamaju Buat Pelebaran Jalan

0
Desa Sukamaju melakukan pelebaran jalan, pengaspalan dan pemasangan U-dit.

JURNAL INSPIRASI – Pemerintah Desa Sukamaju menggunakan dana Satu Miliar Satu Desa (Samisade) untuk pelebaran jalan, pengaspalan dan pemasangan U-dit guna kelancaran tonase air di salah satu jalan alternatif dan simpangan yang banyak dilintasi penggunaan jalan hingga tak jarang  mengakibatkan kemacetan terutama pada masa liburan.

Sekretaris desa Sukamaju Rohman mengatakan jika pengalokasian Samisade di Kampung Menan yang menyangkut 2 RT tersebut bukan tanpa alasan mengingat ini merupakan jalan lintas yang sering dilalui masyarakat apalagi kalau hari libur, jika 2 mobil berpapasan secara bersamaan maka tidak bisa bergerak hingga menimbulkan kemacetan.

“Maka dari itu kami menginisiasi mengalokasikan anggaran Samisade tahun ini untuk pelebaran jalan disini. Pelebaran kami maksimalkan yang tadinya 3,5 M menjadi 4 M dan juga disertai pemasangan U-Dith drainase untuk melancarkan aliran jalan air,” jelas Rohman kepada Jurnal Bogor.

BACA JUGA: BIN Vaksinasi Pelajar dan Warga Kabupaten Bogor

Masih kata dia, pengerjaan sendiri dilaksanakan oleh pihak ketiga yaitu PT Prayoga Pertambangan dan Energi yang melakukan pengaspalan jalan dan pemasangan U-Dith ini , namun pihaknya tetap memantau pengerjaannya karena jika tidak sesuai yang diharapkan akan dikomplain.

“Untuk anggaran total 1 milyar dengan jenis pekerjaan pengaspalan dan drainase yang dilaksanakan di Kp. Menan RT 04/03 dan RT 03 /03 , dengan volume drainase U-Dith P 853 Pcs x 0,30 M x 0,30 M , dan P 23 Pcs x 0.60M x ,0,30M ,serta pengaspalan dengan volume P 509M x 4,00M x 0,3M ” jelasnya.

BACA JUGA: Siswa dan Guru Cemas, Atap Ruang Kelas SDN Tarikolot Rusak

Dirinya berharap, pekerjaan ini berjalan dengan lancar agar segera bisa dinikmati oleh masyarakat dan pengguna jalan lainnya, dan meminta untuk PT PPE juga bisa menyelesaikan dengan baik sesuai yang diharapkan. “Walaupun pelebaran jalan tidak dicor tapi hanya dipadati oleh batu split saja semoga jalan ini bisa awet dan gak cepat terkikis,” pungkasnya mengakhiri.

**naynur’ain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here