24.6 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Karang Taruna Pelita Banyuresmi Perbaiki Jalan Rusak

Cigudeg l Jurnal Inspirasi

Karang Taruna (Katar) Pelita Banyuresmi, Desa Banyuresmi, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor melakukan aksi sosial baru-baru ini dengan dibangunnya jalan yang kondisinya rusak sepanjang 80 meter. Kerja nyata yang dilakukan organisasi kepemudaan Karang Taruna Pelita Banyuresmi disambut baik sejumlah warga yang kerap melintasi jalan itu.

Ketua Karangtaruna Pelita Banyuresmi Wawan Wijaya mengaku prihatin ditengah keadaan akses jalan yang sudah lama mengalami kerusakan dijalur itu. “Karena membahayakan, yang melintas dijalur itu tak sedikit pemotor tergelincir maupun terjatuh, maka kita berinisiatif berswadaya memperbaiki jalan itu,” kata Wawan Wijaya kepada Jurnal Bogor, Selasa (5/10)

Meski Karang taruna di Desa Banyuresmi baru dibentuk pada 27 Mei 2021, namun upayanya sebagai sosial kontrol dan ingin mengembangkan wilayah desanya. “Ini merupakan atas sinergitas dengan Pemerintahan Desa. Berkat dukungan Pak Kades dan masyarakat lainnya kegiatan- kegiatan sosial di masyarakat sejauh ini berjalan dengan baik,” kata dia.

Diakuinya, jalan yang biasa digunakan hilir mudik masyarakat  itu memag saat ini belum terbangun lantaran alas an pemerintah terdampak pandemi Covid- 19. Tak hanya memperbaiki insfrastruktur jalan desa, bahkan sebelumnya Karang Taruna Pelita juga sudah melakukan aksi sosial dengan bersewadaya membangun rumah tidak layak huni. “Minggu lalu kita sempat melakukan bedah rumah hasil swadaya karang taruna,” imbuhnya.

Wawan berharap apa yang dilakukannya ini bisa sedikit membantu meringankan kesulitan masyarakat. “Kami ingin Katar Pelita Banyuresmi bisa menjadi pemersatu wilayah,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Karang Taruna Kecamatan  Cigudeg Madropi mengapresiasi bahwa dimasa pandemi Covid-19 dimana terjadi sulitnya ekonomi, Karang Taruna Pelita Banyuresmi masih bisa berswadaya memperbaiki jalan dan rumah tak layak huni. “Meski baru seumur jagung mereka sudah bekerja nyata dengan bentuk sosial,” tandasnya.

“Ini  luar biasa, semoga apa yang telah diperbuat bisa menjadi contoh bagi karang taruna di desa lain,” paparnya.

Madropi yang akrab disapa Opik berhjarap pemerintah desa se- Kecamatan Cigudeg untuk tahun  2022 bisa menganggarkan kegiatan kepemudaan Karang Taruna.

**aripekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles