33.1 C
Bogor
Monday, April 29, 2024

Buy now

spot_img

Tahun Depan, Dua Sport Center Kecamatan Dibangun

Bogor | Jurnal Inspirasi

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor telah merampungkam Detail Engineering Design (DED) sport center di tiga kecamatan, yakni Bogor Utara, Bogor Barat dan Bogor Selatan.

Kepala Dispora, Hery Karnadi mengatakan bahwa pembangunan sport center tersebut direncanakan akan berjalan 2022 mendatang. Namun, baru dua kecamatan yang akan digarap lantaran keterbatasan anggaran, yakni Kecamatan Bogor Utara dan Bogor Selatan.

“Kalau untuk Bogor Barat baru akan dibangun pada 2023. Anggaran pembangunan dua sport center itu sudah dimasukan dalam APBD 2022,” ujar Hery kepada wartawan, Senin (27/9).

Ia memaparkan, sport center Kecamatan Bogor Utara akan dibangun di Cimahpar, kemudian Bogor Selatan di Kertamaya. Sedangkan Bogor Barat di Cilendek Barat,” katanya.

Menurut Hery, total luas lahan untuk sport center Bogor Utara dan Selatam luasnya lebih kurang 5 hingga 6 ribu meter persegi. Sementara, untuk Bpgpr Barat luasnya 8 ribu meter persegi.

“Untuk anggaran pembangunan di Bogor Utara dan Selatan masing-masing Rp10 miliar. Kalau di Bogor Barat bisa belasan miliar,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Hery, sport center akan dilengkapi beberapa fasilitas seperti lapangan outdoor yang kemungkinan besar berupa lapangan sepakbola, lalu lapangan indoor, infrastruktur penunjang dan area komersial untuk UMKM.

Hery menuturkan, desain Sport Center Kecamatan bakal sama, hanya saja ada perbedaan sedikit melihat perbedaan luasan yang ada.

“Ya contohnya lapangan sepakbola di barat bisa tuh kita pakai 90×48 meter, kalau utara dan selatan paling 90×45 meter karena luasannya lebih kecil,” imbuhnya.

Ia menyatakan bahwa secara teknis ada beberapa hal yang masih terus digodok. Yakni, terkait pengelolaan dan jenis rumput yang akan digunakan untuk lapangan outdoor.

“Pengelolaan sepertinya di Dispora, akan kami tempatkan staf disitu. Kalau nanti sudah jalan skema yang benar, baru mungkin diserahkan ke masyarakat. Karena melibatkan perawatannya ya. Selain itu kemungkinan sewa dulu karena menyangkut anggaran perawatan itu,” papar Mantan Kasatpol PP Kota Bogor Kota itu.

Disinggung mengenai rumput yang akan digunakan. Sementara ada dua opsi, yakni menggunakan rumput biasa atau rumput sintetis.

“Condong ke sintetis karena perawatan mudah dan lebih awet. Sekarang sedang kita kaji, kalau pakai rumput berapa, sintetis berapa,” pungkasnya.

**fredykristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles