25.6 C
Bogor
Friday, May 3, 2024

Buy now

spot_img

MIPA Unpak Gelar Pelatihan Bumbu Dapur di Desa Cibadak

Bogor | Jurnal Inspirasi

Dalam rangka melaksanakan salah satu tri darma perguruan tinggi Dosen Biologi Fakultas MIPA Universitas Pakuan (Unpak) Kota Bogor kembali menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat pada 18 September 2021 lalu.

Kegiatan Pelatihan Membuat Serbuk Bumbu Dapur di Desa Cibadak Ciampea, Kabupaten Bogor yang seharusnya dilakukan pada 11-19 Juli 2021 ini tertunda karena adanya pemberlakuan PPKM yang diberlakukan pemerintah pusat. Kegiatan ini diikuti oleh, Dr. Oom Komala sebagai ketua pelaksana, MS, Dr. Prasetyorini, MS, Ir. Mulyati Effendi, MS, dan Dra. Moerfiah, MSi.

Tahun ini pelatihan dan pendampingan yang diberikan yakni pelatihan dan pendampingan pembuatan serbuk bumbu dapur kepada kaum ibu di Desa Cibadak yang tergabung dalam Kelompok Rumah Produktif IRT Desa Cibadak Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor.

“Kegiatan ini difasilitasi oleh LPPM UNPAK dalam rangka melaksanakan salah satu Tri darma Perguruan Tinggi yaitu kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kali ini kami memberikan sosialisasi dan pendampingan kepada kaum ibu di Desa Cibadak Ciampea dengan pelatihan bagaimana cara membuat dan memproduksi serbuk bumbu dapur bertujuan untuk memberikan kemudahan dalam memasak, higienis, dalam bentuk serbuk tidak mengandung kolesterol, tahan lama, praktis jika dipakai untuk minuman seperti kunyit dan jahe dan menciptakan keluarga sejahtera,” ujar Dr. Oom Komala, kepada Jurnal Bogor.

Diharapkan dari kegiatan pelatihan pembuatan serbuk bumbu ini para kaum ibu dapat secara mandiri dan membuat atau memproduksi serbuk bumbu untuk dapat dinikmati hasilnya baik untuk sendiri maupun untuk di pasarkan kemasyarakat sehingga bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarga khususnya warga Desa Cibadak Ciampea Kabupaten Bogor.

“Kegiatan ini merupakan pelatihan ketiga yang diberikan oleh Dosen-Dosen dari Fakultas MIPA Univiertas Pakuan dimana sebelumnya telah diberi pelatihan tentang pembuatan VCO dan Yoghur, semoga kemitraan dengan Program Studi FMIPA Unpak tetap berjalan dan tetap bisa membina Kelompok Rumah Produktif ibu Rumah Tangga di Desa Cibadak ini, supaya bisa lebih berkembang,” tukasnya.

**handymehonk

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles