31.1 C
Bogor
Saturday, May 4, 2024

Buy now

spot_img

Kang AW: Revitalisasi Pasar Cisarua untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi

Cisarua | Jurnal Inspirasi

Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Asep Wahyuwijaya melakukan peninjauan  langsung ke pembangunan Pasar Cisarua,  Kabupaten Bogor yang anggarannya bersumber dari pinjaman Pemprov Jabar ke PT SMI dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan diberikan ke Pemkab Bogor melalui mekanisme Bantuan Keuangan tahun anggaran 2021 sebesar Rp 25 miliar.

Menurut Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi Jabar itu bahwa kedatangannya untuk memastikan pembangunannya lancar dan tidak meleset tenggat waktu pembangunannya.

“Pada tahun 2019 lalu, Pasar Cisarua ini telah mendapatkan bantuan anggaran dari Pemprov Jabar sebesar 10 M. Jadi, dalam 2 tahun anggaran Pasar Cisarua ini telah mendapatkan bantuan sebesar 35 M. Ajuan anggaran yang persis sama dengan permohonan yang disampaikan oleh Disperindag Kabupaten  Bogor kepada Pemprov Jabar sejak tahun 2018,” kata  Asep Wahyuwijaya

Sambung pria yang akrab disapa Kang AW itu bahwa peninjauan ini sekaligus juga untuk memberikan informasi kepada Disperindag Kabupaten Bogor dan pemborongnya bahwa meskipun kondisi APBD Pemprov Jabar masih mengalami konstraksi atau defisit sekitar 5 T lebih, tetapi seluruh pembangunan yang anggarannya diberikan bantuan oleh Pemprov Jabar yang sumbernya dari PEN tidak akan terkena rasionalisasi.

“Anggaran yang diperlukan sesuai dengan nilai kontraknya akan tetap dibayarkan oleh Pemrov Jabar. Karenanya, pembangunannya harus benar-benar maksimal baik dari sisi teknis maupun dari sisi waktunya,” tambah Kang AW.

Lebih lanjut dikatakannya sebagaimana yang dilihat di sepanjang perjalanan jalur Puncak menuju Pasar Cisarua ini, pergerakan orang dan kendaraan yang kembali tersendat menandakan bahwa pergerakan ekonomi di kawasan wisata ini sudah mulai kembali menggeliat. Keberadaan pasar yang baik, bersih dan representatif sebagai infrastruktur ekonomi pokok dan tulang punggung (backbone) pergerakan perekonomian rakyat tentunya memiliki peran yang amat signifikan dalam upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“Jadi, spirit itu yang saya kira ada di Pemkab Bogor kenapa mengajukan permohonan bantuan keuangan ke Pemprov Jabar untuk merevitalisasi Pasar Cisarua ini, spirit ini pula yang memotivasi saya dan Pemprov Jabar untuk mendorong dan merealisasikan bantuan anggaran ke pasar ini, saya kira spirit ini pula yang mestinya ada dibenak kita semua,” katanya.

Kang AW menegaskan pikiran soal urgensi dibangunnya pasar ini harus sama dan satu frekuensi. Karena itu, diharapkan pemborong pun tidak asal-asalan dalam membangunnya. “Lalu ke depan PD Pasar Tohaga pun harus benar-benar dalam merawat dan mengelolanya mengingat dampaknya amat besar dalam menunjang perekonomian warga di kawasan wisata ini,” pungkas Kang AW yang juga politisi Partai Demokrat dari Dapil Bogor ini.

**cepikurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles