Home News Stok Vaksin Menipis

Stok Vaksin Menipis

Cibungbulang l Jurnal Inspirasi

Kepala Pukesmas Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Drg Doni Aria Candra  meminta dinas terkait untuk segera menambah stok vaksin yang belakangan ini telah menipis. Selain itu, pihaknya membutuhkan dorongan dan bantuan tenana medis dari rumah sakit swasta agar pelayanan kesehatan tidak ikut terhambat.

Drg. Doni Aria Candra menuturkan, sejauh ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) terkait stok vaksin di wilayahnya yang sudah menipis. “Kami  menunggu dari Dinkes saja, kalo Dinkes sudah ada stok vaksin ya kita tinggal disuntikan saja,” ujar Drg. Doni Aria Candra.

Karna vaksin yang menjadi bagaian kebutuhan tidak boleh disimpan lama-lama, menurut dia,  sekarang dosisnya hanya untuk tahapan kedua saja  dimana pada tahap pertama vaksinasi dilakukan bulan lalu. “Kami sudah koordinasi dengan dinas terkait dan meminta stok vaksin untuk segera dikirim. Mudah-mudahan hari ini sudah ada karena animio masyarakat akan kebutuhan vaksin setiap harinya  terus meningkat,” kata Kades

Bahkan karena minimnya vaksin, kata dia, sosialisasi terhadap masyarakat sebetulnya sudah dilakukan melalui pihak desa, kader, bidan desa. Antusias masyarakat tinggi, tapi memang untuk melokalisir jumlah massa yang akan mengikuti vaksinasi sebaiknya digelar di kecamatan.

Pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan di kecamatan agar target yang diinginkan tercapai, sehingg pelayanan di Pukesmas tidak terhambat. “Mengingat kapasitas Pukesmas yang terbatas dan juga harus melakukan pelayanan untuk masyarakat, kalo kaya kemarin tercapai targetnya,” tegasnya.

Sementara itu, dalam hal ini pihaknya meminta agar tenaga kesehatan di rumah sakit swasta ikut dilibatkan dalam pelaksanaan vaksinasi. “Saya berharap agar vaksin seger datang sehingga bisa segera di suntikan dan yang kedua saya meminta bantuan tenaga medis dari rumah sakit swasta jadi kalo kita mau melakukan kegiatan vaksin pihak swasta dilibatkan,” pungkasnya.

** Arip Ekon

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version